MAKASSAR CITY

Masyarakat Cerdas Mengikuti Program KB

Lorong KB Raih Penghargaan

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Makassar memiliki sekitar 200 lorong Keluarga Berencana (KB). Lorong yang tersebar di semua kelurahan ini sebagai lorong KB percontohan. Lorong KB ini berhasil meraih penghargaan dari pemerintah pusat.
Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mendapatkan penghargaan Manggala Karya Kencana. Penghargaan Karya Kencana merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan pemerintah pusat melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) kepada sosok yang dinilai mempunyai dedikasi tinggi terhadap program pengendalian penduduk.

Indikator suksesnya program ini, masyarakat kini lebih cerdas untuk mengikuti program KB yang digalakkan pemerintah.

Masyarakat Kota telah memahami bahwa KB bukan untuk menghambat atau membatasi jumlah, tapi mengatur jarak kelahiran untuk menjaga kesehatan reproduksi ibu. Masyarakat juga semakin memiliki ilmu pengetahuan yang baik mengelola keluarga yang sejahtera.

Kepala Badan KB Makassar, Daniel Pakambanan mengatakan, lorong KB merupakan inovasi Badan KB Makassar. Inovasi tersebut sejalan dengan visi dan misi Pemkot Makassar untuk menata lorong-lorong.
“Penataan lorong sembari melalakukan pelayanan KB secara gratis,” tutur Daniel, Selasa (26/7/2016).

Menurutnya, Badan KB Makassar melakukan inventarisasi pasangan usia subur di lorong-lorong. Pasangan usia subur yang belum ber-KB diajak mengikuti program KB. Pihaknya mampu merealisasikan peserta KB aktif sebesar 69,01% hingga Juni 2016.

Di mana, Badan KB mampu menjaring 126.945 dari target Pemkot Makassar sebesar 185.740 pasangan usia subur tahun ini. Target ini tidak boleh melebihi 70%. Persentase itu sebagai angka toleransi. 30% sisanya untuk pasangan baru nikah dan yang belum memiliki keturunan. Selanjutnya, Badan KB berhasil mewujudkan 46,76% untuk peserta KB baru per Juni 2016.

Lebih lanjut, pihaknya terus akan melakukan pembinaan kepada peserta KB. Pembinaan ini agar mereka tetap menjadi peserta KB aktif. Sebab, Daniel berharap inovasi tersebut dapat terus berkembang. Lorong KB juga menebus kancah nasional. Program ini diadaptasi pemerintah pusat. Dalam skala nasional, program ini dikenal dengan Kampung KB.

Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto menginginkan SKPD mampu mewujudkan dan melahirkan inovasi-inovasi baru.

Inovasi lain yang juga menjadi percontohan, seperti homecare milik Dinas Kesehatan Makassar dan beberapa program lainnya. Penghargaan Manggala Karya Kencana bakal diserahkan pada 29 Juli di Kupang, Nusa Tenggara Timur yang bertepatan dengan HUT BKKBN. (rul/ris)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!