PILKADA

Bur-Nojeng Berpeluang Paslon Tunggal

Didukung Tujuh Partai Politik

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Takalar berpeluang hanya diikuti pasangan calon (Paslon) tunggal. Pasalnya, hingga dua bulan menjelang tahapan Pilkada, baru incumbent Burhanuddin Baharuddin memastikan kembali berpasangan dengan wakilnya, Natsir Ibrahim atau Nojeng.

Sementara lawan terberat Bur– sapaan akrab Burhanuddin, yakni Wakil Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sulsel Syamsari Kitta belum juga memastikan paketnya. Meski besar kemungkinan akan berpasangan dengan kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Daeng Se’re.

Terlebih lagi, Syamsari belum juga mencukupkan jumlah kursi dukungan partai politik di parlemen sebagai persyaratan maju di Pilkada. PKS memiliki modal tiga kursi di DPRD Takalar. Sementara syarat menjadi calon harus mengantongi enam dukungan kursi.

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan DPW PKS Sulsel memang masih hati-hati dalam memutuskan untuk mengusung Syamsari Kitta.”Sampai sekarang PKS belum putuskan mengusung atau mendukung Pak Syamsari. Sama sekali belum ada keputusan resmi PKS nanti di Pilkada Takalar,” kata Ketua Bappilu DPW PKS Sulsel, Sri Rahmi.

Keputusan terkait usungan PKS di Pilkada Takalar, tambah Sri Rahmi, menjadi kewenangan sepenuhnya DPP PKS. DPW PKS Sulsel kata dia, hanya diberi kewenangan untuk mengusulkan. “Jadi yang mengeluarkan rekomendasi itu di DPP. Kita cuma stor nama saja ke sana,” tambahnya.

Adapun calon lawan Burhanuddin lainnya, Andi Makmur Sadda berpeluang besar gagal bertarung. Itu karena pasangannya, Andi Nurhikma Olla Daeng Cora mengundurkan diri.

Diketahui, selain Partai Golkar sebagai parpol pengusung, pasangan Burhanuddin-Nojeng sudah dipastikan bakal mendapat dukungan dari Partai Hanura Takalar, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai NasDem, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Wakil Ketua Bidang Pengkaderan DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Sulsel, Usman Lonta menyatakan, besar peluang Burhanuddin Baharuddin mendapat rekomendasi partainya. “Kami tentu berpatokan pada hasil survei. Karena melihat survei Pak Bur, bisa dipastikan PAN menjadi partai pendukung,” terang Usman Lonta saat ditemui di ruang Komisi C DPRD Sulsel, Rabu (27/7) kemarin.

Terpisah, pengamat politik yang juga mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel, Ziaurrahman menilai pasangan calon di luar Burhanuddin-Nojeng tidak begitu intens memburu partai pengusung. Padahal ruang lobi dan pendekatan sangat terbuka untuk membangun komunikasi aktif.

“Mereka tidak serius melakoninya. Itu dilihat dari aktivitas keseharian para bakal calon. Yang harus diingat, waktu tersisa kurang lebih dua bulan dari jadwal pendaftaran,” ujar Ziaurrahman.

Menurut Ziaurrahman, jika para bakal calon tidak secepatnya memburu partai dan melakukan konsolidasi, maka petahana tentunya akan melenggang dengan model penguatan yang biasa-biasa saja. ”Rumor Burhanuddin-Nojeng bakal melawan kotak kosong bisa saja terjadi. Pilkada Takalar bisa saja menghadirkan calon tunggal,” pungkas mantan Ketua KNPI Takalar ini. (jah/mah)

 

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!