MAKASSAR CITY

Baruga Sangiaseri Direnovasi Menyerupai Gubernuran

Baruga Sangiaseri Direnovasi Menyerupai Gubernuran

Baruga Sangiaseri Direnovasi Menyerupai Gubernuran

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Renovasi total Baruga Sangiaseri di rumah jabatan Gubernur Sulsel atau Gubernuran segera dilakukan.

Dinas Tata Ruang dan Permukiman (Distarkim) Sulsel sudah merampungkan lelang proyek.

Pemenang tendernya PT Cipta Bening Dewata yang beralamat di Jl Racing Centre Blok I No 12 Kompleks Mustika Mulia Karampuang. Kontraktor ini menawar Rp5,6 miliar dari pagu anggaran Rp6,5 miliar.

Sesuai desain, bangunan lama akan dirombak total. Nantinya, bentuk Baruga Sangiaseri akan menyerupai bangunan utama rujab gubernur.

Kepala Distarkim Sulsel, Andi Bakti Haruni mengatakan, selama ini, bentuk Baruga Sangiaseri berbeda dengan bangunan lain di lingkungan rujab.

“Makanya kita mau koneksikan bentuknya dengan seluruh bangunan di sana. Ganjil kalau lain sendiri bentuknya. Selain itu, kita ingin menjaga kelestarian cagar budaya di sana,” papar Bakti, Kamis (28/7).

Bakti mengaku sudah berkoordinasi dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya Sulsel untuk renovasi tersebut. Rekomendasinya pun sudah dikantongi.

“Kita juga ingin perbaiki tamannya. Selama ini sangat sempit sekali bagian depan,” tuturnya.Secara umum, luasan bangunan tak banyak berubah. Hanya tinggi konstruksi bangunan yang berubah. Nantinya, bangunan baru lebih tinggi dari bangunan lama.

Kasi Penataan Bangunan dan Revitalisasi Kawasan Distarkim Sulsel, Hendro Budi Santoso menambahkan, pekerjaan renovasi Baruga Sangiaseri ditargetkan rampung tahun ini. (met/ris)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!