MAKASSAR CITY

Agustus, Mutasi Pejabat Eselon IV

danny

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Mutasi pejabat eselon IV sudah di depan mata. Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto merencanakan mutasi pada Agustus-September mendatang. Mutasi ini mencakup lurah dan kepala seksi. Danny, sapaannya, memprediksikan pada evaluasi bakal tergeser 20-40% posisi.

Indikator penilaian berdasarkan kinerja. Aparat yang mampu mengikuti irama bakal bertahan. Sebaliknya, yang tidak mampu bakal didepak. “Aparat harus miliki quict respon. Komplain masyarakat harus direspon dengan cepat,” kata Danny, kemarin. Kendati demikian, Danny tidak memungkiri masih adanya lurah yang tidak maksimal menjalankan program-program Pemkot Makassar.

Lurah tersebut kerap tertinggal. Insentif RT/RW pun menjadi penilaian lurah. RT/RW yang memperoleh insentif maksimal menunjukkan kinerja lurah yang maksimal pula. Sedangkan, hasil rekapitulasi menunjukkan minimnya RT/RW yang memperoleh insentif maksimal.

Rapor publik lurah juga menjadi acuan. Pemkot Makassar menjaring aspirasi masyarakat lewat rapor publik lurah 2016 guna mengukur kinerja aparat kelurahan. Rapor publik lurah berlangsung 18-24 Maret 2016 lalu. Masyarakat mendapatkan kesempatan seluas-luasnya untuk menyampaikan dukungan, kritikan ataupun pengalamannya bersentuhan dengan pelayanan publik. Semua aduan itu harus berdasarkan fakta ataupun bukti. 149 SMS yang dijaring selama ini.

100 diantaranya berisi dukungan, dan 22 menyampaikan kritik terhadap kinerja lurah. 5 lainnya berisi dukungan terhadap rapor publik lurah, dan 22 lainnya berisi pertanyaan seputar program Pemkot dan prosedur pelayanan di SKPD, kecamatan ataupun kelurahan.

Sementara itu, jumlah partisipasi yang terjaring melalui WA sebanyak 27, 5 diantaranya berisi dukungan, 11 kritikan, dan 3 tanggapan positif terkait rapor publik lurah, serta 8 tanggapan bersifat umum seputar pelayanan publik di Makassar.

Ada lima poin yang menjadi fokus penilaian masyarakat di rapor publik ini, pelayanan publik, penerapan MTR (lorong garden, drainase bersih dan kerja bakti), bebas pungutan liar, kedisiplinan lurah, kualitas sombore (sentuhan lurah terhadap masyarakat). (rul/ris)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!