MAKASSAR CITY

Kartel Kendalikan Harga Ayam Potong

ayam Potong

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Harga daging ayam yang melambung tinggi di pasaran beberapa waktu terakhir, membuat curiga Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU).

Ketua KPD KPPU Makassar, Ramli Simanjuntak, mengaku jajarannya baru saja melakukan penelusuran ke beberapa lokasi peternakan ayam yang tersebar di beberapa daerah di Sulsel.

Hasilnya, ditemukan sejumlah perusahaan ternama yang ditengarai melakukan praktik usaha tak sehat yang bisa menjurus upaya kartel dalam menjalankan pemasaran daging ayam sebelum ke tangan konsumen.

Terungkap berdasarkan penuturan sejumlah peternak ayam. “Perusahaan inti (mitra peternak ayam, red) ini ditengarai seenaknya memainkan harga. Menetapkan pembelian seharga Rp20 ribu dari peternak, lalu dijual ke pasaran antara Rp40 ribu, bahkan ada sampai Rp60 ribu,” beber Ramli.

Setelah menemui sejumlah pihak dari beberapa perusahaan yang bermitra dengan para peternak ayam, jajaran KPD KPPU Makassar menemukan adanya kejanggalan dalam kontrak perjanjian kerja sama dengan para peternak.

Ramli menjelaskan, dalam surat perjanjian tidak didetailkan penentuan harga di pasaran. Bahkan para peternak ayam juga diwajibkan hanya membeli pakan ternak yang disediakan perusahaan sebagai mitra tersebut.

“Cara pemasukan pakan ternak dipaksakan dari perusahaan inti. Jadi sepertinya keuntungan yang lumayan besar hanya dirasakan perusahaan inti. Sedangkan peternak itu yang bekerja keras,” jelas Ramli.

Menyikapi persoalan ini, KPPU Makassar Tentunya juga akan terus bersinergi dengan instansi pemerintahan yang terkait.”Akan kita bentuk perjanjian yang baru antara pelaku usaha atau perusahaan dan peternak,” tegas Ramli. (met/ris)

To Top