PILKADA

Luthfi Andi Mutty Pantau Pelayanan Publik

luftfiMASAMBA,UPEKS.co.id — Anggota DPR RI, Luthfi Andi Mutty melakukan reses masa persidangan V di Masamba Kabupaten Luwu Utara (Lutra). Reses tersebut berlangsung pada hari Jumat, 29 Juli hingga Senin 15 Agustus 2016 mendatang.

Pada reses tersebut, Luthfi melaksanakan fungsi pengawasan DPR yang terkait dengan pelayanan publik.

“Tiga hal yang akan dipantau, yakni pelayanan di bidang pertanahan, Catatan Sipil (Capil), dan Unit Layanan Pengadaan (ULP),” kata Luthfi.

Lanjut Mantan Bupati Lutra dua periode ini, pelayanan pertanahan perlu dipantau karna banyaknya keluhan masyarakat. Persepsi masyarakat, berurusan dengan kantor pertanahan itu lama dan mahal.

Untuk itu, Luthfi akan melihat apa penyebabnya dan berharap, ketika dia berkunjung ke kantor pertanahan dapat bertemu dengan masyarakat yang butuh pelayanan agar dapat menggali informasi dari mereka.

Sementara di kantor Catatan Sipil (Capil), Luthfi akan melihat apakah ada peningkatan pelayanan pasca urusan ini ditarik ke pusat.

“Misalnya ketersediaan blanko e-KTP. Apakah proses terbitnya semakin cepat,” ujarnya.

Sedangkan di ULP akan dipantau karena banyaknya keluhan kontraktor, baik di media maupun bersurat langsung ke DPR yang intinya menilai bahwa ULP yang berbasis elektronik ternyata menjadi sarang mafia tender.

Seharusnya kata Luthfi, tender online akan menghilangkan praktek KKN karena antara aparat dengan kontraktor tidak terjadi lagi face to face connection.

“Jika informasi itu betul, maka pemerintah perlu mengambil langkah tegas untuk menindak semua yang terlibat, termasuk memikirkan langkah-langkah perbaikan sistem. Hasil temuan ini antara lain akan disampaikan kepada KPPU untuk mereka tindak lanjuti. (ris)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!