PILKADA

Oktober, Bur-Nojeng Wajib Cuti

Oktober, Bur-Nojeng Wajib Cuti

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Pemerintah mengingatkan kepala daerah maupun wakil kepala daerah yang ingin kembali mencalonkan diri dalam pilkada mematuhi seluruh aturan. Utamanya menyangkut kewajiban untuk cuti dari jabatannya jelang masa kampanye digelar.

Hal itu diutarakan Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Takalar, Jussalim Sammak, Kamis (4/8) kemarin. “Kepala daerah yang mau menjadi incumbent (calon yang masih menjabat) itu harus cuti dari (jabatan) kepala daerah saat masa kampanye,” terangnya.

Menurut Jussalim, selama pengajuan cuti kampanye tersebut, tugas kepala daerah akan dialihkan sementara ke caretaker. Hal itu agar kegiatan pemerintahan daerah tidak terganggu dengan cuti yang diambil incumbent tersebut. “Harus cuti, kalau tidak, pasti ada sanksinya. Tapi itu urusan Panwaslu,” katanya.

Terlebih jika pasangan incumbent diketahui menggunakan fasilitas negara dalam berkampanye. Maka sanksi terberat keikutsertaan pasangan tersebut dapat digugurkan dalam pilkada. Lebih jauh, Jussalim Samma mengatakan, pendaftaran calon kepala daerah Takalar akan dilakukan pada 19 sampai 21 Sebtember 2016.

Namun jika ada calon persorangan diharapkan memasukkan berkas dukungannya pada 6 sampai 10 Agustus 2016. “Kita akan verifikasi dukungan calon persorangan. Kemudian pengumuman akhir bulan Agustus,” ungkapnya melalui sambungan telepon.

Lanjut Jussalim, selanjutnya pemeriksaan kesehatan 19 sampai 25 September 2016. “Penetapan pasangan calon 22 Oktober 2016,” kata dia. Mengenai calon persorangan, menurut Jussalim, sampai saat ini belum ada yang melakukan konsultasi mengenai persyaratan. “Yang jelas kami membuka ruang bagi calon persorangan sampai tanggal 10 Agustus,” ujarnya. (mah)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!