MAKASSAR CITY

Bupati Barru Ajukan Pembelaan di Persidangan

164126_452119_andi_barru

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Bupati Barru, Andi Idris Syukur mengajukan pembelaan saat sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Makassar, Senin (8/8/16). Pembelaan itu diajukan setelah Idris Syukur dituntut 4 tahun 6 bulan penjara dan denda Rp260 juta oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). Dalam pembelaannya, tim pengacara Andi Idris Syukur menyebut, tuntutan yang disampaikan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) mengada-ada dan kabur.

“Tuntutan jaksa tidak sesuai dengan apa yang ada dalam fakta persidangan,” ungkap Alyas Ismail, Ketua Tim Penasehat Hukum Idris Syukur. Menurutnya, dugaan gratifikasi satu unit mobil Pajero Sport warna hitam dengan nomor polisi DD 1727 sangat tidak tepat. Pasalnya, mobil tersebut memiliki transaksi jual beli dan bukan milik perusahaan. “Mobil itu memiliki transaksi jual beli berupa kuitansi. Di surat- surat mobil atau Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) juga jelas tertulis nama Ahmad Manda, yakni Staf Keuangan Bosowa Resource) sebagai pemilik,” jelasnya.

Sebelumnya, Idris dituntut 4 tahun 6 bulan penjara dan denda Rp260 juta dalam dugaan pemerasan untuk pengurusan izin eksplorasi pertambangan PT Semen Bosowa Barru. Terkait surat izin yang diberikan terhadap PT Semen Bosowa Barru, kata Alyas, sama sekali tidak memiliki kaitan dengan dugaan pemerasan yang dilaporkan pada bulan Mei 2015 itu. Izin pertambangan PT Semen Bosowa Barru telah berlangsung dalam selang waktu kurang lebih 2,5 tahun, yaitu izin pertama masa berlaku dua tahun (9 Oktober 2012 sampai dengan 6 Oktober 2014).

Selanjutnya, izin perpanjangan diterbitkan pada 30 Desember 2014 dengan masa berlaku satu tahun, yaitu sampai dengan 29 Desember 2015. “Pada tanggal 25 Juli 2012, pengajuan permohonan PT Semen Bosowa Barru belum berstatus badan hukum dan belum memenuhi syarat,” urainya. Sementara itu, Jaksa Penuntut Umum, Amiruddin meminta waktu untuk menanggapi pembelaan pihak Idris Syukur (replik) pada persidangan selanjutnya. Sidang yang dipimpin Andi Cakra Alam itu akan dilanjutkan pada pekan depan. (jay/ris)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!