PILKADA

Musda PAN Lutim Deadlock

MUSDA DEADLOCK. Sejumlah elite Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Sulsel foto bersama bupati Kabupaten Luwu Timur, Muhammad Thoriq Husler sebelum pembukaan Musda PAN Luwu Timur.

MUSDA DEADLOCK. Sejumlah elite Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Sulsel foto bersama bupati Kabupaten Luwu Timur, Muhammad Thoriq Husler sebelum pembukaan Musda PAN Luwu Timur.

Ketua DPD Ditentukan DPW

LUWU TIMUR, UPEKS.co.id — Musyawarah Daerah (Musda) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Luwu Timur gagal memilih ketua periode 2016-2021. Musyawarah berakhir buntu (deadlock) setelah lima orang tim formatur gagal mencapai mufakat untuk memilih seorang ketua.

Pembukaan Musda awalnya berjalan normal. Suasana mulai memanas setelah steering comitte dari DPW Sulsel Muhammad Iksan, membacakan empat formatur terpilih hasil seleksi dan verifikasi Dewan Pimpinan Wilayah (DPW). Selama berlangsungnya pembacaan, sejumlah peserta dan kader melakukan interupsi. Mereka mempertanyakan kriteria penetapan tata tertib dan pemilihan formatur yang dinilai tidak transparan.

Sejumlah peserta lainnya juga melayangkan protes kepada panitia Musda karena mengakui tidak menerima undangan dalam kegiatan ini. Adapun empat formatur terpilih yakni Imam Muhajir, Usman Sadik, Andi Asrul Mappasabbi dan Andi Amal Fahri. Usai pembacaan surat keputusan penetapan formatur, seyoginya agenda sidang adalah musyawarah dan mufakat para formatur yang terpilih untuk menentukan komposisi kepengurusan DPD. Namun salah seorang formatur, Andi Asrul Mappasabi, tak hadir di arena Musda, sehingga jalannya Musyawarah urung dilaksanakan alias mengalami jalan buntu.

“Sesuai dengan mekanisme partai, jika salah satu formatur tak hadir, maka penentuan komposisi pengurus (Ketua, Sekretaris, Bendahara dan MPP) dikembalikan kepada Dewan pimpinan wilayah (DPW). Nanti mereka (DPW) yang akan menentukan siapa yang menjadi nakhoda atau ketua DPD PAN,” tandas Usman Sadik, ketua demisioner PAN Luwu Timur. Kemungkinan lanjut Usman, surat keputusan mengenai ketua DPD akan terbit pada pekan mendatang.

Sebelumnya, bupati Kabupaten Luwu Timur Muhammad Thoriq Husler, membuka Musda ke IV PAN Luwu Timur di Hotel Transisco Sorowako. “Saya berharap PAN dapat terus memberikan konstribusi kepada daerah dalam mengawal program pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah,” pinta Husler. Sementara Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sulsel, Ashabul Kahfi mengharapkan PAN bisa tampil di garda terdepan untuk mengawal; aspirasi dan keinginan masyarakat sehingga partai matahari terbit ini dapat makin bersinar. “Kedekatan PAN dengan masyarakat akan berimbas pada perolehan suara dan kita menginginkan ada tambahan kursi yang selama ini identik dengan angka empat di Luwu Timur,” imbuh Ashabul. (aco/mah)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!