448 Pasutri di Sidrap Ikuti Nikah Massal – UPEKS
SULAWESI SELATAN

448 Pasutri di Sidrap Ikuti Nikah Massal

URUS DOKUMEN. Sejumlah masyarakat mengurus dokumen administrasi pernikahan di Pengadilan Agama (PA) Sidrap. (foto: mar/upeks.co.id)

URUS DOKUMEN. Sejumlah masyarakat mengurus dokumen administrasi pernikahan di Pengadilan Agama (PA) Sidrap. (foto: mar/upeks.co.id)

SIDRAP, UPEKS.co.id — Sedikitnya 448 Pasangan Suami Istri (Pasutri) di Kabupaten Sidrap mengikuti sidang isbat nikah massal tahun ini. Mereka mengikuti sidang tersebut untuk mendapatkan legalitas pernikahannya.

Mereka sudah menikah menurut agama, namun belum sah menurut negara atau belum sesuai Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan. “Isbat nikah massal yang diikuti 448 pasangan suami isteri di 8 Kecamatan, itu belum terdaftar di negara,” kata Panitia Pengadilan Agama Sidrap, H M Basir Makka baru-baru ini.

Basir merincikan, bahwa pasutri yang ikuti sidang isbat nikah terdiri dari Kecamatan Dua Pitue 54 pasutri, 109 Pitu Riase, 39 Panca Rijang, 86 Baranti, 58 Watang Pulu. Selain itu, juga terdapat di Kecamatan Kulo sekitar 67 pasutri, Pitu Riawa 61, dan Panca Lautang 28 pasutri.

“Sidang itu kita dilaksanakan di masing-masing kecamatan mulai Dua Pitue hingga Panca Lautang dengan biaya yang lebih murah. Dan pasangan suami istri yang ikuti itu rata-rata usia pernikahannya dibawah tahun 1980-an yang belum sama sekali memiliki surat nikah,” ucapnya.

Basir mengatakan, pelaksanaan Isbat nikah massal ini ditunjukkan bagi masyarakat, yang selama ini belum memiliki buku nikah. Kegiatan ini merupakan agenda Pengadilan Agama (PA) Kemenag, dan Disdukcapil Sidrap. (mar/upeks.co.id)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!