Gunakan Bahan Pilihan, Manfaatkan Sosial Media – UPEKS
RAGAM

Gunakan Bahan Pilihan, Manfaatkan Sosial Media

pengusaha (11)

LAYANI PELANGGAN. Tampak pemilik Mix Frutis, Ilham saat melayani pelanggan yang memesan sop buah.ANDIKA/UPEKS

Mix Fruits

Tak hanya rasanya yang segar, minuman es buah ini kini menjadi incaran masyarakat yang sedang bingung mencari peluang usaha.

Modalnya yang terbilang kecil serta proses produksinya yang sangat mudah, menjadikan bisnis minuman es buah ini sebagai pilihan peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Laporan: Andika Paembonan
————————-
Makassar

Seperti yang digeluti oleh Ilham. Dengan mengusung brand Mix Fruits, Ilham memulai usaha sop buah dan saladnya di jalan Toddopuli Raya, Makassar.

Ia mengaku mendirikan usaha karena ingin mencari zona nyaman saat bekerja, tak ada tekanan dan dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin antara bekerja dengan berkumpul dengan keluarga.

Ilham yang memiliki pengalaman bekerja disejumlah perusahaan, mulai dari perusahaan ekspor ikan, perusahaan media hingga menjadi salah satu tukang gojek. Hingga ia memutuskan untuk membuka usaha mandiri dengan menjajakan sop buah yang penuh cita rasa.

Meski belum lama, Mix Fruits yang berdiri sejak 15 juli 2016 lalu, Ilham mampu sukses mendirikan usaha sendiri dengan modal yang cukup kecil dan berhasil mendirikan usaha yang jauh dari hiruk pikuk pola kerja yang begitu padat dan sibuk.

“Awalnya dari jualan takjil (sop buah) dibulan puasa kemaren, tapi setelah dilihat dari jumlah pelanggan yang lumayan banyak, jadi kepikiran buat usaha Mix Fruits. Awal buka setelah bulan puasa,” ujar pria yang biasa disapa Ilo ini.

Mengawali usaha sederhananya, Ilham mendirikan Mix Fruit dengan modal yang terbilang tak cukup besar, dengan memohon pinjaman modal di Bank dan simpanan pribadi yang berkisar Rp10 juta, Ilham menyewa tempat dan membeli bahan, Mix Fruits yang tampak sederhana namun cukup diminati banyak orang.

Ilham mengatakan, bahwa Mix Fruits merupakan brand usaha yang menyajikan menu buah, memiliki dua menu andalan yakni sop buah dan salad buah. Kedua menu tersebut mampu menembus omzet Mix Fruits hingga Rp10 juta lebih per bulannya.

“Kami memiliki dua macam menu andalan di Mix Fruit yakni Sop Buah dan Salad Buah, namun yang banyak laku seperti Salad Buah karena varian buahnya sudah lengkap, ada sekitar 15 macam buah dalam satu menu itu,” terangnya.

Untuk memperkenalkan Mix Fruits di jalan Toddopuli Raya, tepatnya depan kantor Lurah Paropo (Pasar Panakukang) yang mengandalkan menu buah, yang segar dan sehat, Ilham pun memasarkannya di sosial media dan menerima pesanan dari konsumennya, dengan menggunakan jasa gojek untuk memuaskan para pelanggannya, tentunya dengan harga yang berbeda.

“Harga kalau beli ditempat itu sop buah Rp10 ribu dan salad Rp15 ribu, kalau pesan via gojek sop buah Rp12ribu dan salad Rp 17ribu,” ungkapnya. (and/rif)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!