OTOMOTIF

Dutro Penyumbang Terbesar

DUTRO PENYUMBANG. Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) berhasil melego 11.913 unit baik itu light, medium, heavy duty truck dan bus di pasar dalam negeri. Raihan ini paling banyak disumbang Hino Dutro atau segmen light duty truck dengan capai 6.476 unit. Slamet/upeks

DUTRO PENYUMBANG. Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) berhasil melego 11.913 unit baik itu light, medium, heavy duty truck dan bus di pasar dalam negeri. Raihan ini paling banyak disumbang Hino Dutro atau segmen light duty truck dengan capai 6.476 unit. Slamet/upeks

Penjualan Truk Hino

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Sepanjang Januari-Juli 2016, PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) berhasil melego 11.913 unit baik itu light, medium, heavy duty truck dan bus di pasar dalam negeri.

Raihan ini paling banyak disumbang Hino Dutro atau segmen light duty truck dengan capai 6.476 unit. Hino Dutro 130 HD 6.8 PS menjadi tipe paling laris dengan kontribusi 42,67% atau sebanyak 2.763 unit.

Truk 6 roda dengan GVW 8.25 Ton ini biasa digunakan dengan aplikasi dump truk yang cocok dan tangguh untuk bisnis kelapa sawit, pengangkutan pasir, batu, atau bahan bangunan, juga untuk batu bara di jalan normal. Dari sisi market share, Hino Dutro juga mampu meraih hasil yang memuaskan, yakni naik menjadi 22% market share dari periode yang sama di tahun sebelumnya sebanyak 17.5%.

Pada Juli lalu Hino Dutro mencetak rekor market share tertinggi yakni 27%. “Kami bersyukur di kondisi pasar yang belum stabil masih dapat kepercayaan yang tinggi dari masyarakat Indonesia, ini terbukti Hino masih menjadi market leader dan dapat membukukan penjualan yang cukup baik untuk truk sedang dan bus,” ucap Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi HMSI, kemarin.

Begitupun hasil yang tak kalah menggembirakan pada truk ringan, dimana terdapat anomali untuk Hino Dutro yang terus tumbuh dan naik market sharenya ketika pasar mengalami penurunan, tentunya hal ini tidak terlepas dari kerjasama yang kuat dan saling membantu antara Hino dengan seluruh pelanggan.

Hasil ini sangat mengembirakan karena jika dilihat dari data Gaikindo (Gabungan Industri kendaraan Bermotor Indonesia) pasar light duty truck selama periode Januari – Juli 2016 mengalami penurunan sebesar 20.19% dari sebelumnya di periode yang sama tahun 2015 terjual 36.468 unit turun menjadi 29.104 unit.

Pada segmen medium duty truck, walaupun pasar mengalami penurunan 12% selama Januari – Juli 2016. Hino masih mempertahankan posisinya sebagai market leader selama 16 tahun ini. Pada periode Januari sampai Juli 2016 ini melalui produk unggulannya New Generation Ranger, Hino masih memiliki porsi market share paling besar yaitu sebanyak 60% dan mampu mempertahankan keunggulan dari para pesaingnya.

Selama periode tersebut Hino berhasil melepas New Generation Ranger kepasar sebanyak 5.427 unit. “Tipe FM 260 JD 6×4 yang merupakan legenda dump truk di Indonesia masih menjadi tulang punggung penjualan Hino pada segmen ini,” ungkapnya.

Tercatat FM 260 JD berhasil terjual sebanyak 969 unit atau menyumbang 20% penjualan Hino disegmen medium duty truck, selebihnya ada berbagai macam model seperti New Generation Ranger FL 235 JW yang diperuntukkan untuk segmen kargo, dimana segmen bisnis ini terbilang stabil penjualannya setiap tahun dan menjadi salah satu segmen andalan Hino. (nda)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!