Awalnya Coba-coba, Sekarang Beromset Rp2,8 Miliar – Upeks.co.id
UTAMA

Awalnya Coba-coba, Sekarang Beromset Rp2,8 Miliar

PT Mandiri Pratama Putra

Merintis usaha properti dengan bermodalkan pendidikan Ijazah SMA, merupakan perihal yang mustahil. Namun, anggapan tersebut mampu dibantahkan dengan penguatan komitmen Direktur Utama PT Mandiri Pratama Putra, H Badris.

Laporan : Hasmiati Mus

Awalnya, ayah dari empat anak ini mengaku hanya mencoba-coba, akan tetapi melihat prospek usaha properti semakin berkembang, makanya dia kemudian terus ekspansi. Hasilnya, sudah mampu meraih omset Rp2,8 miliar per bulan. H Badris sosok sederhana, tapi mampu mengubah takdirnya dengan merintis usaha properti sejak 2008 silam.

Awalnya, hanya mencoba-coba, akan tetapi setelah melihat prospek usaha ini terus berkembang, makanya dirinya melakukan ekspansi usaha. Dia memulai usaha dari kecil-kecilan hingga berkembang seperti sekarang ini. Membangun rumah layak huni sudah menjadi pekerjaan sehari-hari. Dikatakan ayah dari empat anak ini, awalnya hanya mengikut saja dengan para pengusaha properti. Selang beberapa waktu, pengembang yang sudah makan garam ini banyak belajar dan kemudian berkomitmen untuk merintis usaha sendiri.

“Saya hijrah dari Sinjai dan sempat putus sekolah karena kondisi perekomonomian keluarga kurang mampu. Dan atas perihal tersebut saya berpikir agar mampu mengubah takdir untuk lebih bersahaja dan membantu perekonomian keluarga dan saat itu saya mulai belajar jadi penyokong kecil-kecilan (kontraktor),” pungkas pria kelahiran Sinjai, 28 agustus 1975 ini. Lebih lanjut dijelaskan H Badris, sekitar tahun 2008 dirinya memulai bisnisnya dengan modal pas-pasan dan lambat laun mendapat bantuan pihak Bank BTN untuk memaksimalkan usaha propertinya tersebut.

“Awalnya masih CV dan kemudian 2014 saya mengubah menjadi Perseroan Terbatas (PT). Dan Alhamdulillah lambat laun kegigihan pun mulai terjawab dengan kepercayaan masyarakat,” ujar suami Hj Jusniati ini. Ditanyai terkait hal yang menarik ditawarkan usaha yang dirintisnya, H Badris menuturkan PT Mandiri Pratama Putra menawarkan hunian dengan model minimalis modern dengan harga yang terjangkau (merakyat).

“Kami tawarkan dua tipe yakni diantaranya luas bangunan 45 persegi dibanderol kisaran Rp265 juta (cash) dan kreditnya sendiri dibanderol kisaran Rp2 juta hingga Rp 3 juta per bulan dengan Down Payment (DP) 20 persen dari harga yang ditawarkan. Sedang tipe 36 persegi (Subsidi) dengan harga Rp 122.500 juta (cash),” jelas H Badris kepada Upeks, di Ruang Kerjanya, di Jalan Andi Tonro No 20 Gowa. Adapun lokasi yang dibangun yakni Makassar meliputi Sudiang, Samata dan Barombong, dan Kabupaten Sinjai.

“Untuk di Sinjai kami siapkan 1.000 unit rumah dan di Makassar 200 unit rumah,” tuturnya. Ditanyai terkait alasannya menggeluti bisnis properti, H Badris menjelaskan lebih jauh bisnis properti sangat menjanjikan. Sebab kata dia, rumah merupakan kebutuhan pokok. “Dan terkait omset pun sangat menjanjikan yakni kisaran Rp2,5 miliar per bulan. Alhamdulillah untuk sinjai sendiri, kami bisa menjual 10-20 unit perbulan,” imbuh pria yang hobbi olahraga ini.

H Badris, berharap usaha yang dirintisnya mampu berjalan maksimal dan mampu melebarkan sayap di berbagai lokasi di Sulsel dan tentunya senantiasa mampu membantu masyarakat mendapatkan hunian yang nyaman, modern dengan harga yang terjangkau tentunya. “Tuhan tidak akan mengubah nasib seseorang, jika ia tak berusaha mengubahnya sendiri. Dalam hal ini, dalam kondisi apapun kita tetap optimis dan tafakkur kepada Tuhan, Insya Allah semuanya mampu kita ubah untuk lebih baik khususnya pada ekonomi,” imbau H Badris.

Most Popular

To Top