Distamben tak Miliki Dokumen WIL – UPEKS
SULBAR - SULTRA

Distamben tak Miliki Dokumen WIL

KOLAKA, UPEKS.co.id — Kepala Dinas Pertambangan (Kadistamben) Kolaka, H Ahmad Yani usai rapat di DPRD Kolaka menjelaskan, kegiatan perusahaan PT Waja Inti Lestari (WIL) melakukan pengiriman dan penjualan ore nikel di Lapaopao Kevamatan Wolo Kab. Kolaka tidak ada dokumennya.

“Sampai saat ini, kami tidak memiliki dokumen perusahaan WIL jika perusahaan itu telah melakukan pengiriman dan penjualan ore yang ada di Lapaopao Kecamatan Wolo,” jelas Yani, mantan Kadis Ketahanan Pangan Kolaka. Dikatakannya, mengacu kewenangan daerah terkait pertambangan sebagaimana diatur dalam UU No.23 tahun 2014 tentang pemda, kewenangan itu sudah ditarik ke Pemprov.

“Jadi kalau PT WIL sudah melakukan pengiriman dan penjualan ore nikel yang ada di Lapaopao Wolo kemungkinan mengurus langsung di provinsi, karena kami tak punya dokumen,”kata Yani. Kabid Mineral dan Batubara Dinas ESDM Sultra, Andi Makkawaru menegaskan, pihaknya belum pernah mengeluarkan surat keterangan verifikasi asal barang terkait pemuatan dan pengapalan ore nikel yang dilakukan PT WIL.

Diakuinya, sebelumnya Bupati Kolaka memang pernah menyurat ke Dinas ESDM Sultra 29 September 2015. Tetapi hingga kini pihaknya belum pernah memberikan verifikasi asal barang. Pasalnya tak persetujuan dari Kementrian Kehutanan RI. Sebaliknya Makkawaru heran, mengapa PT WIL bisa melakukan pengiriman dan penjualan ore nikel keluar, padahal Dinas ESDM Sultra belum pernah mengeluarkan rekomendasi. (phil/arf).

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!