Solusi Terbaik Atasi Pelambatan Ekonomi – Upeks.co.id
UTAMA

Solusi Terbaik Atasi Pelambatan Ekonomi

Bedah Buku Manajemen Dari Berbagai Dimensi

Bedah buku Manajemen Dari Berbagai Dimensi digelar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Hasanuddin (Unhas) serangkaian kegiatan menyambut HUT FEB Unhas ke-68 mendapat antusias peserta. Buku yang dikarang Dr Mursalim Nohong diambil dari beberapa tulisan yang terbit pada kolom Dimensi Harian Ujungpandang Ekspres (Upeks).

Kesimpulan dari buku setebal 140 halaman ini yakni solusi terbaik mengatasi perlambatan ekonomi baik secara nasional maupun Sulsel. Demikian diungkapkan Pemimpin Redaksi Harian Ujungpadang Ekspres (Upeks) sekaligus pembedah Buku Manajemen Dari Berbagai Dimensi, Rusli Siri di Gedung FEB Unhas, Jumat (7/10) kemarin.

Dalam pemaparannya, Rusli Siri mengatakan, karya Mursalim Nohong menjawab permasalahan perlambatan ekonomi yang sementara ini terjadi baik di tingkat nasional begitupula Sulsel. Misalnya, bagaimana meningkatkan produktivitas karyawan saat ekonomi lagi melambat. Bagian lain ada juga pembahasan mengenai strategi menciptakan produk yang unggul dan berdaya saing.

“Mursalim memberi solusi terbaik atas permasalahan perlambatan ekonomi baik nasional begitupula Sulsel,” ujarnya saat membedah buku di Aula FEB Unhas, Jumat (7/10/16). Dia juga memberi apresiasi kepada Murslim Nohong yang telah bersusah paya menerbitkan buku yang termuat dalam tulisan kolom Dimensi Harian Ujungpadang Ekspres (Upeks). Sementara itu, Mursalim dalam diskusi dan peluncuran buku miliknya membagikan tips menulis buku kepada mahasiswa.

Menurutnya, menulis merupakan salah satu cara membuat seseorang dapat dikenang melalui karya buku yang dihasilkan. “Saat menulis buku, pragraf pertamanya itu kadang sulit. Jadi jangan setiap kali menulis merevisi terus. Menulislah dulu biarkanlah orang lain yang menjadi cermin buat kita. Kalau baru satu pragraf direvisi sendiri, habis itu pragrafnya,”candanya. Buku ini terbagi atas enam bab. Bab pertama membahas manajemen dan kewirausahaan.

Bab kedua organisasi dan keuangan sektor publik. Ketiga banyak mengupas strategi, kinerja dan daya saing. Keempat keuangan korporasi dan pasar modal. Kelima, nasib sang pahlawan, dan keenam Ekonomi Syariah. “Selain bersifat teori, buku ini juga banyak membahas penyelesaian masalah,” paparnya. Sementara itu, Dekan FEB Unhas, Prof Gagaring Pagalu mengatakan, karya buku hasil kerja keras Dosen Fakultas Ekonomi diharapkan dapat memberikan kontribusi di Unhas khususnya di Indonesia Bagian Timur.

Dia pun mengaku kembali bergairah setelah melihat karya buku tersebut. Dirinya, ingin kembali menulis buku yang telah lama dia kerjakan. “Dua tahun dalam komputer saya belum digarap karena kesibukan, tapi melihat karya-karya ini saya termotivasi kembali untuk melanjutkan karya buku yang saya garap juga,”ujarnya. Sementara itu, Ketua Ketua Dept. Manajemen Ekonomi dan Bisnis, Dr Nurjannah merasa bangga terhadap prestasi yang dicapai para dosen melalui karya buku yang dihasilkan.

Menurutnya, karya buku tersebut menjadi salah satu catatan prestasi FEB Unhas. Diapun mengungkapkan jika semua buku yang dihasil dapat diterbitkan karena telah memiliki nomor seri. “Saya sangat berbangga dengan prestasi, 19 kontribusi tulisan, mewakili penerbit. Kita sudah bisa melaunching buku pertama di bulan Agustus 2016 ini karena sudah kita memiliki nomor seri,”terangnya. Selain itu, FEB Unhas juga akan melaksanakan kegiatan Confrensi Internasional dengan mendatangkan berbagai universitas dari luar negeri.

Hal itu merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Dies Natalis FEB Unhas yang ke-68. Mengawali dies natalis ke 68, FEB Unhas menggelar kegiatan peluncuran dan diskusi buku karya dosen FEB Unhas. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian peringatan dies natalis FEB Unhas. Dalam peluncuran buku karya dosen, sebanyak 36 buku yang akan di display dari 70 lebih buku karya dosen FEB Unhas yang didaftarkan. Dua diantara buku tersebut yang menjadi bahan diskusi yakni Manajemen 2.0 karya Abdullah Sanusi, MBA (editor) dan Dr. M.Idrus Taba (Penulis) serta Manajemen Dari Berbagai Demensi karya Dr. Mursalim Nohong, M, Si. (and)

Most Popular

To Top