SULAWESI SELATAN

Air Terjun Baruttung, Alternatif Tujuan Akhir Pekan

SINJAI, UPEKS.co.id — Air terjun Bruttung di Perbatasan Desa Bulutellue dan Desa Lamatti Riattang, Kecamatan Bulupoddo, bisa menjadi tempat alternatif berwisata di akhir pekan. Air terjun yang terletak tersebut memiliki panorama dan keindahan mempesona. Air yang jernih ditambah pepohonan yang rindang menampakkan pemandangan yang cukup eksotik.

Hanya saja air terjun Baruttung belum terlalu diperhatikan Pemerintah Sinjai. Untuk menjangkau objek wisata Air Terjun Baruttung hanya dengan berjalan kaki karena sarana dan prasana di wilayah tersebut masih kurang memadai meski pun demikian objek wisata tersebut ramai didatangi pengunjung yang bermukim di Wilayah Kecamatan Bulupoddo.

“Sudah dua bulan, masyarakat sekitar sini seperti warga Desa Lamatti Riattang, Aruhu, Duampanuae, Tompo Bulu, Lappacenrana, serta Desa Bulutellue, Kecamatan Bulupoddo ramai mengunjungi air terjun ini dari pagi hingga sore, khususnya anak sekolah. Bahkan kalau hari minggu banyak juga dari luar Kecamatan lain di Sinjai dan Kabupaten Bone yang kemari. Kalau hari biasa pengunjung bisa sampai puluhan. Sedang kalau minggu biasa sampai ratusan orang yang kesini. Apalagi gratis tidak ada biaya untuk masuk ke sini,” ungkap Ilham salah satu pemuda Desa Bulutellue kepada Upeks, Minggu (9/10).

Ilham mengharapkan agar air terjun Baruttung mendapat perhatian khusus Pemerintah. “Seharusnya Pemerintah bisa mengelola dengan baik tempat ini karena akses masuk belum memadai karena kalau musim penghujan, jalanan yang curam dan penuh bebatuan ini licin, sehingga biasa ada pengunjung yang tergelincir. Padahal jika dikelola dengan baik Air Terjun baruttung bisa menjadi objek Wisata andalan Sinjai,” terangnya.

Sementara Nurbaya salah seorang pengunjung asal Desa Lasiai Kecamatan Sinjai Timur mengatakan dirinya sangat senang berkunjung di tempat ini karena suasana alamnya sangat sejuk.

“Kebetulan hari minggu ini saya dan teman-teman rekreasi di air terjun ini, selain gratis juga pemandangannya sangat sejuk. Tapi jalanan masuk sangat licin, jadi seharusnya diperbaiki,” ujarnya.

Air terjun Baruttung ini diketahui baru sekitar dua bulan ramai di kunjungi masyarakat khususnya dari Bulupoddo dan sekitarnya. (egy)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!