Pencairan Terlambat, Insentif Guru tak Terbayar – UPEKS
MAKASSAR CITY

Pencairan Terlambat, Insentif Guru tak Terbayar

Tambahan jam mengajar guru dikurangi. Dana insentif mengajar juga tak terbayar akibat lambatnya pencairan dana pendidikan gratis. Sekolah swasta paling merasakan dampaknya.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Swasta Makassar, Nasrah mengatakan, dampak paling besar pada pembayran insentif guru. Dia mengaku keterlambatan pencairan dana sangat memengaruhi operasional sekolah.

Apalagi sekolah swasta yang mengelola dananya sendiri tanpa subsidi dari pemerintah. “Sampai saat ini tidak ada guru swasta yang terima insentif.

Padahal, sangat penting sebagai tambahan penghasilan di luar dari gaji sekolah,” ujar Nasrah yang juga kepala SMP PGRI Makassar. Keluhan, kata dia, sempat muncul di kalangan sekolah swasta. Hanya, mereka memilih bersabar. “Jadi bukan cuma guru saya. Tetapi semua sekolah swasta merasakan dampak itu,” imbuh Nasrah.

Kepala SMP Yayasan Perguruan PGRI I, Nurjannah berharap dana pendidikan gratis bisa lebih cepat cair. Mengingat ini berkaitan dengan kesejahteraan tenaga pendidik. Selain itu dana gratis juga digunakan untuk alokasi pembelian kebutuhan sekolah. “Awalnya guru-guru saya sempat marah, cuma saya beri perhatian, agar mereka bersabar saja tunggu pencairannya,” tambahnya. (met/ris)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!