SULAWESI SELATAN

Tunggakan Listrik Lutim Rp1 M

Tambah Penagih

LUTIM,UPEKS.co.id — Hingga September 2016, tunggakan rekening listrik di Lutim 4.968 pelanggan atau berkisar 15,6 % dari jumlah total pelanggan. Total pelanggan 50.991 pelanggan terdiri dari pelanggan listrik pintar 19.100 (37,7 %) dan pelanggan prabayar 31.792 (62,3 %).

Manajer PLN area Palopo, Himawan, kepada Upeks, Minggu (9/10) menjelaskan tunggakan listrik terbesar di Lutim terdapat di Rayon Malili meliputi kecamatan Malili, Wasuponda dan Towuti. “Kami berterima kasih kepada pelanggan PLN di Mangkutana, Tomoni, Wotu, Burau dan Angkona yang tertib membayar rekening listrik.” imbuh Himawan.

Total tunggakan pelanggan PLN di Luwu Timur ini Rp1 M. Sementara omzet pembayaran listrik dari Januari hingga September Rp 59 M. PLN mengimbau pelanggan agar melakukan pembayaran rekening listriknya tepat waktu, sebelum tanggal 21 tiap.

Pelanggan juga dapat memakai listrik pintar ataupun prabayar untuk menghindari pemutusan biaya keterlambatan sesuai Permen ESDM No. 33 tahun 2014 tentang Tingkat Mutu Pelayanan dan Biaya Yang Terkait Dengan Penyaluran Tenaga Listrik Oleh Perusahaan PT PLN,” tandasnya.

Himawan menguraikan, sejumlah upaya PLN untuk menekan tunggakan listrik di Lutim, antara lain melakukan migrasi ke listrik pintar, penyambungan baru dengan listrik pintar. Selain itu, optimalisasi dengan menambah petugas penagihan 24 orang, khusus wilayah Luwu Timur.

Para petugas bertahap dilengkapi MP3, mobile payment point portable bekerjasama dengan Perbankan untuk autodebet rekening listrik. “Kami juga melakukan sosialisasi melalui media sosial. cetak dan elektronik serta imbauan melalui surat ke sejumlah tempat ibadah,” pungkas Himawan. (aco/arf).

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!