EDUKASI BUDAYA

Siswa SMPN 8 Minati Belajar Menulis Berita

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Dunia jurnalistik ternyata diminati kalangan pelajar SMP. Hal itu terlihat dalam pelatihan jurnalistik di SMP Negeri 8 Makassar, Senin (10/10) kemarin. Sebanyak 50 siswa ikut pelatihan tersebut. Para siswa terlihat antusias mengikuti kegiatan pelatihan dari awal hingga akhir.

Siswa SMPN 8 Makassar diberikan pengetahuan seputar dunia jurnalistik hingga diakhiri dengan praktek menulis berita. Beberapa siswa antusias bertanya bagaimana cara mencari dan menulis berita. “Berita ditulis berdasarkan fakta atau kejadian yang sebenarnya. Menulis berita berbeda dengan menulis cerpen atau mengarang bebas.

Berita tidak boleh dikarang-karang tetapi harus ditulis sesuai dengan kejadian yang sebenarnya,” terang Penanggungjawab Upeks.co.id, Nur Fajar Nurdin saat membawakan materi. Menurut Fajar, untuk mendapatkan berita, wartawan harus melakukan liputan ke lapangan, mengumpulkan data, menemui narasumber dan melakukan wawancara.

Setelah semua data yang dibutuhkan sudah lengkap, baru wartawan menulis beritanya. Kepala SMPN 8 Makassar, Ruslan Spd, Mpd menambahkan pelatihan jurnalistik ini sangat tepat dilaksanakan di sekolah. Dengan pelatihan ini para siswa mendapat pengetahuan baru yang tidak didapatkan melalu guru di sekolah. Selain itu bisa menumbuhkan minat siswa untuk menulis.

“Kami berencana membuat majalah khusus yang dikelola siswa. Makanya saya berharap siswa bisa memahami dasar-dasar membuat berita melalui pelatihan jurnalistik ini,” terangnya. Sementara itu, salah satu siswa SMPN 8 Makassar, Ahmad Razan berharap penulisan beritanya bisa semakin baik dan berkualitas. “Rencananya saya mau menulis blog,” terang peraih juara satu tingkat Sulsel dalam lomba tulis Ki Hajar dari Kemendikbud ini. (firman/mah)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!