Usulan Perawatan Mobil dan Media Diabaikan – UPEKS
SULAWESI SELATAN

Usulan Perawatan Mobil dan Media Diabaikan

Kinerja Tim Anggaran Disorot

ENREKANG,UPEKS.co.id — Usulan anggaran perawatan mobil perpustakaan dan media cetak tak diakomodir. Akibatnya, kantor yang wajib menyiapkan bahan bacaan berhutang puluhan juta kepada pihak ketiga. Itu dilakukan, karena mobil perpustakaan keliling harus beroperasi tiap hari dan melayani 280 sekolah hingga ke pelosok.

“Sudah 11 hari mobil tidak beroperasi ke desa. Buntutnya satu unit lainnya terpaksa ditarik dari Desa Lebani Kecamatan Maiwa karena rusak. Problemnya anggaran pemeliharaan habis, sehingga berhutang di bengkel,” kata Ridwan Palembai, Kepala Perpustaan, Arsip dan PDE Enrekang, kemarin.

Menurut Babe, sapaan akrab Ridwan, selain itu dana untuk media cetak juga tidak diakomidir sehingga berdampak. Pasalnya selain langganan, media diputus, pihak kantor perpustakaan pun kini berhutang kepada beberapa media cetak. Intinya, untuk tahun ini anggaran di Kantor Perpustakaan minim karena itu, Babe juga mendapat teguran Gubernur Sulsel karena Kantor Perpustakaan Enrekang tidak ikut ambil bagian pada karnaval dan pameran yang digelar selama sepekan dalam rangka hari jadi Sulsel ke -347 di Makassar.

“Saat ditanya gubernur, kenapa Enrekang tidak ikut, terpaksa saya harus katakan sejujurnya, kami tidak punya anggaran” ungkap Babe. Babe tidak mengerti mengapa usulannya yang dianggap penting, justru tidak diakomodir Tim Anggaran. Buntutnya, harus putar otak untuk perbaikan mobil perpustakaan keliling, meski dengan berhutang.

Mobil harus diperbaiki, karena ratusan sekolah setiap hari menanti kehadirannya. Terpisah, Kepala Bappeda, DR H Baba mengatakan, dia tidak bisa memberikan penjelasan, karena itu sifatnya tehnis. Kepala DPKAD H.Andi Ulung Tiro menegaskan, Dinas Keuangan tidak punya kewenangan mencoret usulan anggaran setiap SKPD. Masalah ini perlu dibahas baik – baik karena ini wewenang Tim Anggaran yang jumlahnya 30 orang,” terang Andi Ulung. (sry/arf)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!