MEGABUILD 2016 Menginspirasi Desainer Interior – UPEKS
EKONOMI BISNIS

MEGABUILD 2016 Menginspirasi Desainer Interior

james-boey-kanan-menyerahkan-cinderamata-kepada-wakil-gubernur-jawa-timur

Wagub Jawa Timur (kiri) menerima cindera mata dari GM Reed Panorama Exhibitions.

Surabaya,  Upeks–Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf saat meresmikan pameran MEGABUILD East Indonesia 2016, berharap pameran ini bisa menginspirasi para desainer untuk bisa menghasilkan karya desain berkualitas internasional. Terlebih di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), persaingan di industri desain interior cukup ketat.

“Indonesia harus jadi pemenang di MEA. Kalau dulu desain interior tidak banyak dibicarakan sekarang dunia interior semakin maju. Dan bahan bangunan yang banyak dicari konsumen adalah yang murah, berkualitas dan mudah didapat,”ujar Saifullah Yusuf.
Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) Jawa Timur, Niken Rarasrini ST mengatakan tren desain interior sekarang lebih terfokus pada estetika. Dulu memang booming desain minimalis.
“Sekarang hampir setiap desain interior sudah memasukkan unsur estetika. Jadi desain interior tidak sekadar dilihat dari sisi fungsi tapi juga bagaimana estetika interiornya. Dengan demikian, sebuah bangunan bisa lebih nyaman dihuni sekaligus indah dilihat,”ujarnya.</p>
Sedangkan dari sisi permintaan desain interior, Niken menjelaskan terjadi keseimbangan pasarnya yakni 50 persen untuk kebutuhan hospitality (seperti hotel, perkantoran) dan 50 persen untuk residential seperti apartemen dan kondominium.
Dari sisi jumlah desainer terutama yang profesional, Niken menjelaskan, anggota HDII Jawa Timur sebanyak 100. Ditambah 200 anggota yang berasal dari kalangan mahasiswa.
“Dari sisi jumlah dan kegiatan yang dilakukan HDII Jawa Timur berada di peringkat ketiga setelah Jakarta dan Jawa Barat. Sementara dari sisi kualitas, mendorong anggotanya untuk bersertifikasi. Secara nasional, jumlah HDII yang bersertifikasi baru 20 persen. Kami berharap dengan sertifikasi yang dimiliki desainer kita bisa bersaing di dunia internasional,“tukasnya. (*)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!