EDUKASI BUDAYA

UMI Turut Bahas HAM di Bojonegoro

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang menjadi peserta dalam Fesitval HAM 2016 yang akan digelar di Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur, pada 30 November-2 Desember 2016 mendatang.

Hal tersebut diungkap Rektor UMI, Prof. Dr. Hj. Masrurah Mochtar, MA, saat membuka kegiatan Kuliah Umum dengan tema “Human Rights Cities”. Kuliah umum ini merupakan kerjasama antara Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar dengan International NGO Forum On Indonesia Development (INFID), di Auditorium Al Jibra UMI, Makassar, Senin (21/11) kemarin.

“Kita merasa bangga karena UMI merupakan PTS yang masuk dalam kegiatan ini. Sementara yang lain dari Universitas Gajah Mada (UGM) dan Universitas Indonesia (UI) dan kita bisa berkontribusi dalam memberikan masukan terkait tentang HAM,”ungkapnya.

Tujuan Festival HAM 2016 ini, sambung Manager Advokasi INFID Beka Ulang Hapsara, untuk berbagi pengalaman, ide, inovasi, dan praktik-praktik sosial yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah bersama-sama pemangku kebijakan dalam rangka penghormatan dan perlindungan hak asasi manusia.

Festival ini diharapkan mampu menjadi wadah bersama untuk menuangkan ide-ide para pemikir, dalam rangka melindungi hak setiap warga,ujar Beka.

Dia mengungkapkan bahwa kegiatan ini tentunya akan banyak menghadirkan pembicara dari pemerintah pusat, pemerintah Daerah, komunitas, akademisi, anak muda, masyarakat, dan pelajar baik dari dalam maupun luar negeri.

Diketahui, Bojonegoro merupakan kabupaten pertama di Indonesia yang secara formal memiliki peraturan daerah yang secara komprehensif mengadopsi nilai-nilai dari standar HAM. Itu dalam bentuk peraturan bupati sejak bulan Maret 2016. Selain itu, Kabupaten Bojonegoro juga satu-satunya wilayah di Indonesia yang dijadikan sebagai kabupaten percontohan pelaksanaan open government.(and/mah)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!