AKF Ajang Pembuktian Karateka Sulsel – Upeks.co.id
ALL SPORT

AKF Ajang Pembuktian Karateka Sulsel

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Ajang Asian Karatedo Federation (AKF) Championship 2016 yang dihelat pertama kali di luar pulau Jawa, menjadi ajang pembuktian sembilan karateka Sulsel dalam event tersebut. Tak terkecuali, Kota Makassar sebagai penyelenggara.

“Ditunjuknya Kota Makassar sebagai penyelengfgara event internasional, menunjukkan bahwa Makassar dan karateka yang ada di Sulsel sudah sama dengan wilayah di pulau Jawa dan kota-kota lainnya. Bisa menyelenggarakan event internasional seperti ini,” ujar H Syahrul Yasin Limpo, Gubernur Sulsel saat mengunjungi veneu di Celebes Convention Centre (CCC), Selasa (22/11/2016).

Menurutnya, karate adalah olah raga bergengsi yang telah menyumbangkan berbagai kebanggaan-kebanggaan tanah air dan itu sebagaian dari Sulsel.

“Oleh karena itu, pada kesempatan Asian karate, tidak ada lain untuk membuktikan kesiapan-kesiapan untuk menjadi penyangga nasional dan pilar utama nasional dibidang apa-pun termasuk karate,” kata SYL.

Tim karate Indonesia yang siap bertarung 21-27 November mendatang berasal 27 negara di Asia. Tim Indonesia akan diperkuat oleh sekitar 35 karateka terbaiknya termasuk 9 dari Sulsel. Mereka dinyatakan lolos seleksi memperkuat tim Merah-Putih di ajang internasional tersebut.

Kontingen Indonesia secara keseluruhan terdiri dari 112 orang. Selain 35 karateka, tim karate Indonesia juga mengutus wasit dan offcial.

Ketua Panitia AKF Championship 2016, Ruslan Abu mengatakan AKF Championship menjadi kesempatan bagi karateka Indonesia untuk unjuk gigi. Terlebih, berstatus tuan rumah, motivasi meraih prestasi tentunya akan lebih besar. Ia menyebut karateka Indonesia memiliki potensi untuk mendulang medali emas.

Sembilan karateka asal Sulsel yang terpilih memperkuat timnas Indonesia yakni Muhammad Arsyal (kumite 52 kg putra), Andi Jernih (kumite 47 kg putri), Ardinan (kumite 52 kg putra), Afdal Kalam yang turun di kumite 70 kg putra.

Selanjutnya Nurizka (kata perorangan putri), Krisda Putri, Nurizka dan Nadia (kata beregu putri), Muh Caesar dan Firdayanti yang masing-masing tampil di kumite kategori U-21. Ajang AKF Championship 2016 akan dibuka secara resmi oleh Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo selaku ketua umum Federasi Olahraga Karate Indonesia (FORKI) di Phinisi Ballroom Hotel Grand Clarion Makassar 24 November mendatang.

Turut hadir Presiden AKF, Chang Kuang Huei dan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo. (edo)

Click to comment
To Top