Selayar Target Peredaran Uang Palsu – UPEKS
KRIMINAL

Selayar Target Peredaran Uang Palsu

Dua IRT Asal Pulau Jawa Dibekuk Edarkan Rp58 Juta

img-20161123-wa0000

SELAYAR, UPEKS– Miswati (45), warga Jalan dr.Kumber RT 5 RW 6 Purwokerto, dan Siti Iriani (52), warga Purbalinggo RT 10 RW 2 dibekuk jajaran Kepolisian Polres Kepulauan Selayar, Senin (21/11/16).

Keduanya ditangkap karena mengedarkan sekaligus membelanjakan Uang Palsu (Upal) di Kepulauan Selayar.

Kapolres AKBP Eddy Suryanta Tarrigan kepada Upeks saat dikonfirmasi melalui telepon selularnya, Selasa (22/11/16) sore tadi mengemukakan, total uang palsu yang diedarkan Siti Iriani dan Miswati ke Kabupaten Selayar sebanyak Rp58.400.000, pecahan Rp100 ribu.

“Masing- masing tersangka kita tangkap bersamaan saat membelanjakan uang palsu di Kota Benteng Selayar,” ungkap Kapolres Kabupaten Kepulauan Selayar AKBP Eddy Suryanta.

Lanjut Kapolres, separuh dari uang palsu itu sudah dibelanjakan oleh kedua tersangka disebuah toko atau pusat perbelanjaan di Selayar. Uang palsu tersebut didatangkan langsung melalui jalur laut Jawa tujuan Selayar.

“Modus tersangka memang sengaja membuka jaringan peredaran uang palsu di Selayar. Tersangka mempelajari situasi perekonomian di Selayar,” terang Kapolres.

Kapolres menambahkan, orang yang pertama menemukan uang palsu tersebut adalah warga setempat dan langsung melapor ke Mapolres.

“Disitu kita kembangkan, hasilnya melalui CCTV disebuah toko tersangka kita tangkap,” terangnya.

Kepolisian Polres Kepulauan Selayar masih terus melakukan pengembangan kepemilikan uang palsu tersebut, terkait jaringan dan pembuat uang palsu yang diketahui berasal dari Pulau Jawa.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, berdasarkan undang- undang Nomor 7 Tahun 2011, kedua tersangka terancam hukuman pidana kurungan 5 hingga 10 tahun penjara. (sufri).

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!