Peduli Kesehatan Warga Kurang Mampu – UPEKS
TAMU EKSPRES

Peduli Kesehatan Warga Kurang Mampu

H Djohasram Rahman SKM, Kabag TU RSUD Lanto Dg Pasewang, Kab.Jeneponto

Kesehatan itu sangat mahal, terutama bagi masyarakat miskin dan kurang mampu. Belum lagi mereka yang tidak memiliki kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS atau Kartu Indonesia Sehat (KIS). Mahalnya biaya ke dokter dan belum lagi biaya obatnya, sehingga tak sedikit masyarakat yang kurang mampu tidak tersentuh pelayanan kesehatan gratis tersebut.

Kondisi itu, tak banyak pula pelayanan kesehatan yang memahaminya dan punya kepedulian. Tak heran, jika kerap ditemui di lingkungan rumah sakit, banyak pasien yang terlantar bahkan ada yang mati konyol akibat biaya pengobatan yang tak mampu dipenuhinya.

Apalagi jika kita mengarah di salah satu kabupaten di Sulsel yang dikenal dengan daerah yang tertinggal dan memiliki masyarakat yang dominan kurang mampu.

Menyikapi hal tersebut, hati H Djohasram Rahman SKM pun tersentuh. Sebagai Kepala Bagian Tata Usaha (TU) RSUD Lanto Dg Pasewang, Ia berusaha untuk selalu mengoptimalkan pelayanan terhadap warga miskin di Jeneponto.
“Kami sekarang memiliki program untuk warga miskin apalagi didukung pula pemerintah pusat melalui kartu KIS,” ujarnya kepada Upeks baru-baru ini.

Ditegaskan H Rumbu sapaan akrabnya, jika ditemui pegawai yang mengindakan kebijakan tersebut, maka ia tak segan akan memberi teguran kepada pegawai tersebut.

“Kalau ada yang main-main dengan kebijakan ini, maka saya pribadi yang akan menindaki. Kesehatan itu sangat sensitif dan bukan main-main karena ini masalah nyawa orang,” tegasnya.

Sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat yang kurang mampu, Pria kelahiran Ujung Pandang 9 Juli 1972 ini sangat responsif menanggapi keluhan masyarakat. Dia pun kerap turun langsung ke lapangan menangani pasien yang kurang mampu.
Hal itu dibuktikan saat mengunjungi salah satu pasien yang kurang mampu, Dg Tinno yang berdomisili di Kelurahan Kassi Kecamatan Tamalatea.

“Setiap ada informasi ada pasien yang kurang mampu sakit, maka saya langsung turun untuk melihat kondisinya dan mengetahui permasalahan kepada tidak berobat ke rumah sakit,” tandasnya. (mg1/hms)

Karyawan adalah Keluarga

Keberhasilan seorang pemimpin tidak terlepas keuletan bawahan. Sehingga banyak pimpinan menilai jika satu struktural kelembagaan pemerintah ataupun dalam merintis usaha, pimpinan dan bawahan adalah satu satuan keluarga.

Hal inilah yang diterapkan H Djohasram Rahman SKM. “Jika pelayanan kesehatan saat ini di RSUD Lanto Dg Pasewang sudah cukup membaik, itu artinya tidak luput dari kerja keras karyawan. Sehingga saya selalu menganggap karyawan bukan bawahan melainkan sebagai kelauarga, yang lebih tua dari saya, dianggap kakak. Sebaliknya yang lebih muda dianggap adik,” terangnya H Rumbu sapaan akrabnya kepada Upeks, baru-baru ini.

Tidak hanya di lingkungan jabatan pemerintahan, suami dari Hj Fitriani juga menerapkan hal itu di perusahaan Tahu Tempe Harum yang dikelolanya. Ia menganggap karyawan di perusahaanya sebagai satu satuan keluarga.

“Tidak hanya di kantor, tapi juga di lingkup usaha pun, saya senantiasa menganggap karyawan sebagai rekan keluarga. Karena peningkatan penjualan dan kualitas produk adalah buah dari kerja keras karyawan tentunya,” tutur Owner Owner Tahu Tempe Harum Jeneponto ini.

Alhasil, dengan penerapan ini, hubungan keakraban dengan bawahannya lebih terjalin dengan baik sehingga membuat usahanya semakin maju.

“Saya dengan rekan kerja di kantor ataupun di lingkungan usaha saling mengakrabkan diri. Karena dengan jalinan hubungan emosional ini segala masalah di pecahkan sama-sama,” kata Pria yang ramah dan berjiwa sosial ini.

Hasilkan Tahu Tempe Berkualitas

Tahu tempe merupakan jenis makanan yang mengandung banyak protein. Hanya saja pengelolaannya kerap kali jauh dari kata higenis dan menanggalkan rasa tentunya.

H Djohasram Rahman SKM selaku Owner Taahu Tempe Harum Jeneponto, mengatakan jika wirausaha tahu tempe yang dikelolanya memperioritas kualitas rasa dan kebersihan.

“Jika tahu tempe pada umumnya dominan mengembang, produk saya lebih tipis tapi akan mengembang dan gurih setelah digoreng. Karena saya perioritaskan rasanya bukan bentuknya,” ujar ayah anak tiga ini.

Kehadiran Tahu Tempe Harum cukup mendapatkan respon positif dari masyarakat Jeneponto sehingga hal ini turut mempengaruhi peningkatan produksi.

“Permintaan distributor dan konsumen meningkat signifikan. Kalau bulan sebelumnya, kami hanya memproduksi 30 ball, sekarang kami produksi 100 ball tahu tempe perharinya,” tuturnya.

Soal harga yang ditawarkan cukup ekonomis yakni hanya Rp 25.000/ball sehingga sangat terjangkau bagi masyarakat, khususnya para pengecer. “Kami jual perball ke pedagang. Ada yang jemput sendiri adapula yang kami supley langsung ke pedagang pasar tradisional yang ada di Jeneponto,” jelasnya.

H Rumbu sangat berharap, dengan hadirnya Tahu Tempe Harum ini mampu meningkatkan produktivitas perekonomian di Jeneponto yang notabenenya masih diangka rata-rata.

Selain itu, dengan berpedoman terhadap kualitas rasa dan mengedepannkan pengelolaan yang higenis. Tahu Tempe Harum yang masih tergolong baru ini mampu meraut omset hingga puluhan juta rupiah.

“Alhamdulillah dengan mengedepankan kualitas rasa dan kesehatan, kami mampu memaksimalkan omset kisaran Rp 2,5 juta per hari. Jika di kalkulasi perbulan yakni kisaran Rp 75 juta,” pungkasnya.

Omzet puluhan juta dapat diraih berkat pengelolaan yang sudah modern yang dioptimalkan oleh delapan orang karyawannya.
“Kami sudah menerapkan pengelolaan modern (tidak manual lagi. Sehingga kemungkinan yang dikhawatirkan mampu dimenalisir tentunya,” ujar pengusaha lokal ini.

Menurutnya, kuliner Tahu Tempe ini tergolong makanan yang fleksibel. Dalam hal ini, bisa dijadikan lauk pauk bisa pula dijadikan cemilan. Pihaknya pun juga berharap Tahu Tempe Harum ini, mampu menjadi wirausaha yang seharum namanya. Serta Tahu Tempe Harum adalah ke depan bisa maju lagi agar dapat membantu perekonomian masyarakat Jeneponto. (mg1/hms)

DATA DIRI:

Nama : H Djohasram Rahman SKM

TTL : Ujung Pandang 9 Juli 1972

Jabatan : Kabag Tata Usaha RSUD Lanto Dg Pasewang Kab Jeneponto

Usaha : Tahu Tempe Harum

Istri : Hj Fitriani

 

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!