Polsek Tahan 42 Sapi Bantuan – UPEKS
SULAWESI SELATAN

Polsek Tahan 42 Sapi Bantuan

SINJAI, UPEKS.co.id — Puluhan ekor sapi yang tidak dilengkapi dokumen seperti kartu ternak dan surat keterangan kesehatan hewan dari daerah asal, ditahan Polsek Sinjai Selatan, Rabu (23/11).

Sekretaris Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Sinjai, Irwan Suaib menyampaikan 42 ekor sapi itu merupakan bantuan dari pusat yang rencana akan diserahkan di beberapa kelompok di Sinjai. “Sapi yang dananya bersumber dari APBN tersebut dibawa ke Kantor DPKH untuk diserahkan sebagai bantuan.

Akan tetapi saat akan melakukan penyerahan sapi tersebut kami tolak karena tidak dilengkapi dokumen. Sehingga kami meminta dilengkapi dokumennya sebelum diserahkan ke Pemda Sinjai,” ujarnya. Problemnya, kata kata Sekertaris DPKH, pengusaha sapi atas nama Tajang yang membawa sapi itu merasa dipersulit dan membawa sapi bantuan itu kembali ke Bone. Anehnya, sapi itu dialihkan ke Bulukumba.

“Makanya kami di Dinas heran kenapa sapinya bisa sampai di Sinjai Selatan, padahal rencananya sapi tersebut akan diserahkan di kantor Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan,” ungkapnya. Irwan menerangkan, tahun ini 7 kelompok di Kabupaten Sinjai rencanakan akan mendapatkan bantuan sapi dari pemerintah pusat sebanyak 19 ekor per kelompok. Kapolsek Sinjai Selatan, AKP Laode Idris menegaskan, ke-42 sapi itu ditahan karena tidak dilengkapi surat-surat.

Kami dapat info, sapi yang diangkut dengan mobil itu tidak dilengkapi dokumen alias bodong, makanya ditahan di Polsek Sinjai Selatan. Alhamdulillah, surat ternak itu sudah dirampungka pemilik. ”Apakah bantuan tersebut untuk Sinjai, Laode mengatakan, tujuan akhir sapi itu kabupaten Bulukumba,” ujarnya via ponsel. (egy/arf).

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!