Sukses Bina 800 Petani Bawang – UPEKS
SULAWESI SELATAN

Sukses Bina 800 Petani Bawang

Raih Penghargaan FIPO

ENREKANG,UPEKS.co.id — Salah satu factor pendukung Kabupaten Enrekang mendapat penghargaan The Fajar InstituteOf Pro Otonomi ( FIPO ) adalah peran Dinas Pertanian dan Perkebunan yang telah berhasil membina sekitar 800 petani bawang merah di Kabupaten Enrekang.

FIPO adalah pemberian penghargaan kepada Daerah dengan terobosan inovatif dibidang ekonomi local dan pengentasan kemiskinan. Tahun 2015 Enrekang memiliki 5000 Ha lahan pertanian bawang merah sedangkan tahun 2016 luasnya kini meningkat menjadi 6200 Ha.

Keseriusan Pemkab Enrekang untuk meningkatkan Kesejahteraan 8000 petani bawang dibuktikan dengan memberikan kultifator sebanyak 400 unit dianggarkan melalui APBD. bantuan Kultifator diharapkan agar masyarakat petani bawang bisa menggarap lahannya dalan hitungan hari dan tidak lagi bergantung kepada buruh penggarap.

Bukan hanya itu, dengan adanya komitmen Menteri Pertanian RI bahwa Indonesia tidak akan mengimport bawang merah dari luar Negeri merupakan peluang bagi petani bawang di Enrekang untuk meningkat produksinya.Selain itu, Menteri Pertanian juga berkomitmet harga terendah bawang ditingkat petani minimal Rp.15000/kg. Dengan demikian, petani bawang di Kabupaten Enrekang melalui Distambun mulai merangkai terobosan dan inovasi untuk meningkatkan produktifitas dan mutu bawang merah.

“Kini sekitar 8000 petani bawang di Enrekang telah menikmati jerih payah mereka karena harga bawang ditingkat petani saat ini berkisar 30.000/kg.” Kata Addi Kepala Bidang Hortikultura. Menurut Addi ini adalah perkembangan yang luar biasa, dibanding tahun 2015 harga bawang merah hanya berkisar Rp.15.000/kg ditingkat petani itupun petani sudah mendapatkan keuntungan.

Hal yang menggembirakan bagi petani bawabg karena harga bawang saat ini Rp.30.000/kg. Ini adalah salah satu upaya Pemkab Enrekang untuk mengentaskan kemiskinan warganya, melalui Distambun, bukan hanya itu bahkan melalui Dinas yang lain, Pemkab berupaya meningkatkan taraf hidup seluruh warganya sesuai bidang pekerjaan mereka.( Sry)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!