Toyota-Daihatsu Masih Melaju – UPEKS
OTOMOTIF

Toyota-Daihatsu Masih Melaju

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Kendati pasar otomotif sedang lesu, penjualan otomotif tetap mengalami peningkatan sepanjang Januari-Oktober 2016. Meski dengan yang tidak signifikan, dua merek yang masuk Astra Grup yakni Toyota dan Daihatsu, masing-masing mengklaim mengalami peningkatan dibanding periode yang sama tahun lalu.

Toyota melalui Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto, menyebutkan, merek ini mengalami peningkatan penjualan. Diklaim telah berhasil melepas 314.678 unit selama periode Januari-Oktober 2016. Angka ini bertambah 18,8% dibanding periode yang sama pada 2015. Kala itu, Toyota menjual 264.847 unit.

“Kondisi pasar belum begitu positif. Tapi mulai menunjukkan tren pertumbuhan. Kami berharap pasar otomotif dapat tetap terus meningkat sampai akhir tahun,” ujar Henry Tanoto.

Secara produk, segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) dan Sport utility vehicle (SUV) mendominasi penjualan Toyota. Segmen MPV mencapai angka retail 197.036 unit atau naik 34,9% dibanding tahun lalu. Pangsa pasar di segmen ini pun menjadi 55,3%. Toyota memilik MPV di tiap segmen, mulai dari entry level sampai luxury MPV.

Sementara itu, SUV mencatat penjualan retail 42.265 unit. Raihan ini tumbuh 32,9% dibandingkan tahun lalu. Fortuner masih mendominasi penjualan dengan 21.745 unit. Sisanya diisi oleh Rush. Fortuner jadi market leader dengan pangsa pasar 44,9%.

Sedangkan PT Astra Daihatsu Motor (ADM), menyebut, angka penjualannya selama sepuluh bulan terakhir pada penjualan wholesales sebanyak 153.114 unit dan retail sales sejumlah 152.440 unit untuk seluruh produknya.

Di periode yang sama Januari- Oktober 2015 lalu, pada musim 2016 ini ADM berhasil meningkatkan wholesales sebanyak 9% dan retail sales sebanyak 11%. Tahun lalu, Daihatsu membukukan sejumlah 140.723 unit untuk wholesales dan 137.172 unit untuk retail sales.

Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, mengatakan, pihaknya sangat optimis Daihatsu dapat mencapai target penjualan hingga akhir 2016 mendatang, dengan kondisi saluran distribusi yang sehat dan kinerja penjualan Daihatsu yang terus meningkat.

“Prestasi khusus diraih Astra Daihatsu Sigra yang sejak peluncuran 2 Agustus 2016 lalu langsung menjadi kontributor utama Daihatsu pada tiga bulan terakhir periode Agustus-September-Okotober 2016, baik dari wholesales dan retail sales,” jelas Amelia.

Sedangkan Honda Prospect Motor selaku main dealer Honda mobil di Indonesia, mengumumkan telah berhasil melampaui penjualan tahun 2015 hanya dalam 10 bulan pertama 2016.

Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy, Rabu, menyebutkan, total penjualan Honda mobil telah mencapai 168.937 unit selama tahun 2016, dengan pangsa pasar 19.3%. Angka ini melebihi total penjualannya sepanjang tahun 2015, yaitu sebesar 159.253 unit.

Dikatakan Hasil tersebut diraih setelah Honda membukukan penjualan sebesar 17.088 unit pada bulan Oktober 2016 lalu.”Produk SUV, MPV, City Car dan LCGC adalah segmen yang memberikan kontribusi yang besar dalam pencapaian penjualan tersebut,” ujarnya.

Honda membeberkan penjualan Honda tahun 2016 kali ini didukung oleh produk-produk unggulan Honda, seperti Honda BR-V, New Honda Mobilio, New Honda Brio Satya, All New Honda Jazz dan Honda HR-V 1.5L. (jar)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!