MARITIM NUSANTARA

Untia Butuh Investasi Cold Storage Kapasitas 500 Ton

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Sulawesi Selatan (Sulsel) dinilai sebagai salah satu provinsi yang memiliki potensi maritim yang besar di Indonesia. Karena itu, Pelabuhan Perikanan Untia, Makassar, Sulsel yang baru saja diresmikan juga membutuhkan industri pengolahan perikanan maupun pendingin atau cold storage yang berkapasitas besar pula.

“Idealnya cold storage harus berkapasitas di atas 500 ton,” tutur Rahman Bando, Kepala Dinas Kelautan, Perikananan, Pertanian dan Peternakan (DKP3) Makassar, Selasa (28/11/16). Dia mengaku, Pelabuhan Untia memang masih memiliki fasilitas yang kecil. Cold storage yang ada baru berkapasitas 40 ton.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, katanya, tentu berharap industri yang besar. Pasalnya, Makassar sebagai centre point Indonesia tidak cukup dengan kapasitas tersebut ke depannya. Pelabuhan perikanan yang besar tersebut diharapkan mampu menjadi penyanggah nasional ikan untuk ekspor. Makassar harus memiliki sistem logistik perikanan untuk menjadi penyanggah nasional. “Sistemnya ini ibarat Bulog,” katanya.

Sehingga, lanjutnya, bisa menampung ratusan ton ikan pada musim panen. Lalu, bisa menyuplai ikan untuk konsumsi lokal, regional hingga nasional pada musim paceklik. Sedangkan saat ini, Makassar hanya memiliki cold storage berkapasitas 140 ton. Cold storage dengan kapasitas 100 ton di Pelabuhan Paotere dan 40 ton di Pelabuhan Untia. Dengan kapasitas tersebut, Makassar tidak memungkinkan sebagai penyuplai ikan nasional.

Sebagai gambaran, katanya, konsumsi ikan per hari untuk Kota Makassar saja berkisar 35-40 ton. Jika suplai daging berkurang bertambah menjadi 50-60 ton per hari. Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan telah mengundang beberapa investor lokal, nasional maupun luar negeri untuk membangun industri pengolahan perikanan maupun pendinginnya di Indonesia khususnya Pelabuhan Untia, Makassar, Sulawesi Selatan.

Sulsel ini adalah salah satu provinsi maritim di Indonesia dan saya sudah mengundang beberapa investor nasional dan luar negeri untuk membangun industri pengolahan perikanan, ujarnya pada peresmian Pelabuhan Perikanan Untia, Makassar, belum lama ini. (rul/suk)

Most Popular

To Top