MAKASSAR CITY

Hari Pahlawan Momen Refleksi Diri

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan ke-71, di TMP Panaikang, Makassar, Kamis (9/11/16). Saat membacakan sambutan serentak Menteri Sosial RI, SYL mengatakan, peringatan hari pahlawan harus menjadi momen refleksi diri untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan bangsa.

Menurutnya, hal yang paling penting dilakukan untuk menghargai para pahlawan tentunya dengan menyalakan kembali jiwa kepahlawanan dalam mengisi kemerdekaan. “Sejarah harus menjadi pelajaran moral bagi kita. Warisan terbaik pahlawan bangsa bukanlah politik ketakutan, tetapi politik harapan.

Seberat apapun tantangan dan keterbatasan yang ada, tidak akan menyurutkan semangat perjuangan generasi,” katanya. Ia menambahkan, pengalaman merebut dan mempertahankan kemerdekaan juga menunjukkan, bahwa spirit perjuangan dan mental karakter kepahlawanan memiliki daya hidup yang luar biasa.

Karena itu, lanjut dia, peringatan Hari Pahlawan kali ini diharapkan mampu menggali apinya, bukan abunya dari para generasi penerus bangsa. Dalam upacara ini, turut hadir Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang, Pengdam VII Wirabuana Agus Surya Bakti, Ketua DPRD Sulsel HM Roem, Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel Abdul Latif, serta sejumlah pejabat lainnya. (eky/ris)

To Top