EDUKASI BUDAYA

Pramuka Diharapkan Ciptakan Kader Pemimpin Bangsa

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Hakekat dasar pendidikan kepramukaan adalah meningkatkan penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan.

Yakni Satya Darma Pramuka kepada seluruh peserta didik, sehingga mereka dapat dipersipkan menjadi kader pimpinan bangsa yang tangguh pada masa depan.

Hal itu diungkapkan Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Makassar, Ibrahim Saleh pada pembukaan Kursus Mahir Dasar (KMD) Gerakan Pramuka kwartir ranting Bontoala dan ujung tanah di Aula SMA Negeri 7 Makassar, Senin (12/12) kemarin.

Pria yang akrab disapa Ibe ini menjelaskan, Pramuka saatnya mempersiapkan kader pimpinan bangsa yang tangguh harus dilaksanakan dari usia dini khusus di tingkat sekolah. “Hadirnya Pramuka pada zaman dahulu sangat luar biasa memberikan kontribusi bagi NKRI.

Bahkan organisasi Pramuka diapresiasi karena memiliki satu warna dan lambang yaitu merah putih di dada,” ujarnya semangati peserta.

Ibe mengatakan bahwa dalam memberikan pelatihan kwartir cabang agar memusatkan pada peningkatan kegiatan pramuka siaga dengan kegiatan yang menarik, bagi perkembangan gerakan pramuka dan bagi masa depan kaum muda yang lebih baik pada masa depan.

Pramuka, lanjut Ibe bagian dari kegiatan outdoor untuk memberikan bekal kepada siswa untuk mengenal lingkungan hidup. Aktivitas keseharian pramuka di sekolah juga, sesuai instruksi wali kota Makassar sekolah harus melakukan hal kreatif. “Regulasi juga menghendaki agar anak didik atau murid agar mengikuti pramuka. Dengan demikian pramuka harus dihidupkan di tingkat ranting yaitu sekolah strata pendidikan dan masyarakat,” katanya.

Keberhasilan Revitalisasi Gerakan Pramuka sangat menentukan untuk lebih memantapkan Eksistensi Gerakan Pramuka. Hal ini perlu ditunjang dengan pelaksanaan berbagai kegiatan baik peserta didik dan pembina Pramuka. “Diharapkan kegiatan ini senior bisa memberikan pelatihan kursus yang ideal kepada regenerasi. Selain itu pendidikan kepribadian diberikan kepada anak didik di sekolah untuk dijadikan pengalaman yang handal,” harapanya.

Sementara itu, Andi Burhanudin selaku panitia pelaksana mengharapkan kedepan kader-kader pramuka mampu untuk menciptakan lingkungan yang bersih, rapi dan asri dalam kehidupan bermasyarakat. “Penciptaan lingkungan yang bersih, sehat, rapi dapat diwujudkan melalui program dan koordinasi di internal organisasi pramuka itu sendiri, maupun dengan pemerintah dan kalangan masyarakat,” harapanya. (and/mah)

To Top