60% Pelaku Kriminal Dibawah Umur – Upeks.co.id
SMART CITY

60% Pelaku Kriminal Dibawah Umur

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Sedikitnya 86 pelaku tindak kriminal yang beraksi di Makassar berhasil ditangkap anggota jajaran Polrestabes Makassar. Dari puluhan pelaku itu, 60% diantaranya merupakan anak dibawah umur.

Wakapolrestabes Makassar, AKBP Hotman Sirait mengatakan, 86 pelaku tindak kejahatan yang beraksi di Makassar itu, didominasi masih dibawah umur. Dari kurung waktu 10 hari pada Januari, ada 61 laporan polisi diterima jajaran Polrestabes.

“61 Laporan Polisi itu ada 86 tersangka. Ironisnya 86 tersangka itu, ada sekitar 60% masih dibawah umur. 32 pelaku lainnya masih menjalani perawatan medis di rumah sakit,” kata Hotman saat merilis pengungkapan kejahatan itu di Mapolrestabes Makassar, Rabu (11/1/17).

Menurut mantan Kapolres Maros ini, ada beberapa pelaku yang tertangkap itu sudah berulang kali berkasi. Hal tersebut tentunya butuh evaluasi. Bagaimana pola pembinaannya dan lainnya. Hal itu juga butuh perhatian pemerintah untuk dilakukan pembinaan. “Ini harus dipikirkan bersama. Bagaimana nantinya para pelaku yang sudah menjalani hukumannya tidak kembali beraksi lagi. Hal itu tentunya butuh perhatian pemerintah juga,” cetusnya.

Mantan Kabag Ops Polrestabes Makassar ini merinci, dari 61 Laporan polisi dengan 86 tersangka merupakan tangkapan Ranmor jajaran Polrestabes Makassar. Tim Ranmor tiga laporan polisi yang diterima dan berhasil menangkap lima tersangka khusus pencurian motor.

Sedang, Polrestabes Makassar, lima Laporan Polisi dan lima penangkap lima tersangka. Masing-masing dua pelaku pencurian pemberatan, dua begal dan satu pembunuhan. Polsek Makassar, lima Laporan Polisi dengan penangkapan tersangka tujuh pelaku. Masing-masing pelaku yang tertangkap itu yakni lima pencurian pemberatan dan dua begal. Polsek Manggala, empat Laporan Polisi dengan penangkapan tersangka lima orang.

Masing-masing dua pencurian pemberatan, dua begal dan satu curanmor. Kemudian Polsek Ujung Pandang, empat laporan polisi dengan tersangka tujuh orang. Masing-masing dua pencurian pemberatan, empat begal dan satu curanmor. Polsek Mamajang, satu Laporan Polisi dengan dua tersangka curanmor. Polsek Rappocini, enam laporan polisi dan tujuh tersangka, masing-masing lima pencurian pemberatan, satu begal dan satu curanmor.

Polsek Bontoala, lima Laporan Polisi dan delapan tersangka masing-masing tujuh pencurian pemberatan dan satu curanmor. Polsek Biringkanaya tiga Lapoean Polisi dengan empat orang tersangka. Masing-masing dua tersangka pencurian pemberatan dan dua curanmor. Polsek Tamalarea, 10 laporan polisi dengan tersangka 10 orang. Masing-masing lima pencurian pemberatan, satu begal dan empat curanmor.

Polsek Panakkukang, enam laporan polisi dengan 12 tersangka. Masing-masing tiga pencurian pemberatan, delapan begal dan satu curanmor. Polsek Tamalate, enam laporan polisi dengan 11 tersangka. Masing-masing lima Curat, tiga begal dan tiga curanmor.

Polsek Tallo, tiga laporan polisi dengan tiga tersangka. Masing-masing satu pencurian pemberatan, satu begal dan satu curnamor. “Laporan polisi dan penangkapan tersangka itu terhitung sejak 1 hingga 10 Januari. Baru 10 hari ini, sudah 86 tersangka yang tertangkap dari 61 Laporan Polisi,” ujarnya. (jay/ris)

Click to comment
To Top