Ajak UMKM Berinovasi – Upeks.co.id
UTAMA

Ajak UMKM Berinovasi

Syamsu Alam Ibrahim, Kadiskop dan UMKM

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), H Syamsul Alam Ibrahim mengajak seluruh pelaku UMKM agar melakukan inovasi produk. Tujuannya untuk meningkatkan daya saing yang selama ini masih dianggap rendah.

Menurutnya, memasuki persaingan bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), seorang pengusaha tidak hanya dituntut menciptakan produk semata, akan tetapi memperhatikan daya saing. “Intinya inovasi produk mesti dilakukan secepatnya pelaku UMKM jika ingin bersaing dengan pengusaha lainnya,” tandasnya saat dihubungi Upeks kemarin.

Ditanya mengenai perkembangan UMKM, dia menyebutkan berdasarkan data yang diperoleh bahwa pengusaha baru yang tergolong UMKM terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Dimana tahun lalu, total UMKM tercata hanya 900 ribu, sekarang meningkat hingga 916.232 unit. Mereka tersebar di seluruh kabupaten/kota.

Dari jumlah tersebut terdapat 797.081 unit masuk dalam kategori usaha mikro, sedangkan usaha kecil jumlahnya mencpai 114.656 unit, dan terakhir usaha menengah hanya 3.185 unit.

Menurutnya, peranan usaha kecil terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi sangat tinggi. Pertumbuhan ekonomi 7,04 persen diperoleh dari kontribusi UMKM.

Hanya saja, lanjutnya,terkadang menjadi permasalahan yang dialami pengusaha kecil yakni keterbatasan mengakses di perbankan. Padahal, modal usaha sangat dibutuhkan untuk meningkatkan produksi. (eky/rif)

Komentar
Click to comment
To Top