PTN Diminta Hati-hati Tingkatkan SPI – UPEKS
EDUKASI BUDAYA

PTN Diminta Hati-hati Tingkatkan SPI

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Dr. H. Harry Azhar Aziz, MA hadir memberikan kuliah umum di Ruang Teater Menara Pinisi UNM, Kamis (19/1) kemarin. Kuliah umum tersebut mengangkat tema Peran BPK dalam Pemeriksaan Keuangan Negara untuk Kesejahteraan Rakyat.

Selain Ketua BPK RI, kuliah umum ini juga mendatangkan Anggota DPR RI Komisi IX Amir Uskara, sebagai narasumber yang membawakan tema Peran DPR RI Komisi IX dalam Pengawasan Keuangan Negara.

Ketua BPK mengatakan bahwa perhatian pemerintah terhadap pendidikan sangat besar. Itu terlihat dari pengalokasian 20% dana dari APBN atau APBD adalah untuk anggaran pendidikan.

Dengan konteks perguruan tinggi sebagai pengelola keuangan negara, tentu sangat berkaitan dengan 20% dana APBN/APBD digunakan untuk pendidikan.

“Sebagai salah satu pengelola keuangan negara, PTN harus berhati-hati dan meningkatkan sistem pengendalian intern (SPI) yang memadai agar uang negara yang dikelola benar digunakan baik secara perencanaan, pelaksanaan dan pertanggungjawabannya,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa saat ini fokus pemeriksaan BPK dalam mendorong perbaikan tata kelola keuangan negara bergeser dari assurance yang lebih condong pada administrasi pengelolaan keuangan negara menuju assurance pada capaian substansi atas program pembangunanan.

“Untuk mengetahui peran pemeriksaan terhadap kesejahteraan rakyat harus dilihat secara komprehensif pada lingkup pemeriksaan yang dilakukan. Dalam 10 tahun terakhir, pemeriksaan BPK atas laporan keuangan pemerintah sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran menunjukkan peningkatan transparansi dan akuntabilitas keuangan negara,” paparnya.

Harry Azhar pun mengajak kepada seluruh peserta untuk selalu mencari jalan bagi perbaikan pengelolaan keuangan negara. “BPK selalu terbuka untuk bersinergi dengan berbagai pihak, termasuk perguruan tinggi. BPK membuka masukan dari PT agar dapat melakukan pemeriksaan atas pengelolaan pertanggungjawaban keuangan negara dengan semakin baik,” tutupnya.

Sementara itu, Rektor UNM Prof. Husain Syam mengatakan bahwa hadirnya kedua narasumber membawakan kuliah umum di UNM ini merupakan satu kehormatan. “Harapan saya kedua narasumber bisa memberikan pencerahan bagi sivitas akademika terutama yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan,”ujarnya. (mg05/mah)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!