Stikes Mega Rezky Bahas Perawatan Kanker – UPEKS
EDUKASI BUDAYA

Stikes Mega Rezky Bahas Perawatan Kanker

SEMINAR kesehatan Sekolah Tinggi Kesehatan (Stikes) Mega Rezky yang membahas tentang perawatan kanker dan pengelolaan obesitas di Ballroom Diamond Mall, Minggu (22/1), menghadirkan sejumlah pemateri yang ahli pada bidangnya.

Pemateri-pemateri tersebut antara lain Prof Dr Maria Elizabeth C Bauta RN RM MSN dari Philipina, Prof Dr Rer-Nat, Hj Marianti Manggau Apt, Andi Imam, Arrundhana Agz MPH, Dr Agussalim Skp Msn Mst DN dan dr Ema Alaairy SpA(K).

Prof Maria Elizabeth pada materinya menjelaskan bahwa kanker dapat timbul karena pola makan. Bahkan, kelebihan berat badan atau obesitas, ternyata memberikan risiko lebih besar pada seseorang untuk terserang penyakit kanker.

“Obesitas tak hanya bisa dihubungkan dengan satu jenis kanker saja, melainkan 10 jenis kanker paling umum yang menyerang manusia,” ujar Maria.

Lebih lanjut Maria menambahkan bahwa menurut survei nutrisi nasional, setiap tahunnya kasus kanker yang terjadi semakin meningkat penyebab obesitas.

“Jika jumlah orang yang obesitas terus bertambah, ada kemungkinan penderita kanker juga akan terus meningkat. Bahkan, diperkirakan 3.700 kasus akan bertambah setiap tahunnya,” lanjutnya.

Selain itu, dia juga selalu memperingatkan soal bagaimana kelebihan berat badan bisa mempengaruhi peningkatan risiko terkena kanker.

“Berdasarkan penelitian, untuk 13-16 kg berat badan ekstra dari seseorang dewasa, hubungannya dengan 6 jenis kanker semakin kentara. Keenam jenis kanker tersebut adalah kanker rahim, kanker kantong empedu, kanker ginjal, kanker serviks, kanker tiroid, dan leukimia,” pungkasnya.(and/mah)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!