Rule Model Kemitraan Universitas Masyarakat – UPEKS
EDUKASI BUDAYA

Rule Model Kemitraan Universitas Masyarakat

REKTOR Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Prof Dr Musafir MSi menghadiri penutupan projek Supporting Islamic Leadership in Indonesia (SILE) di Jakarta.

Rektor didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Prof St Aisyah Kara MA PhD, Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Prof Hamdan Juhannis MA PhD, serta Ketua Lembaga Penelitian dan Pegabdian Masyarakat (LP2M).

Dalam sambutannya, Prof Musafir menegaskan bahwa UIN Alauddin Makassar sebagai rule model Kemitraan Universitas-Masyarakat (KUM) memiliki Sumber Daya Manusia (SDM), centres (Acced, Alpi, GUG) serta beberapa modul yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat. “UIN Alauddin dapat dijadikan referensi dalam pelaksanaan tersebut,” katanya.

Musafir juga menambahkan bahwa SILE turut mengembangkan konteks pegembangan Islam yang terfokus pada program kemitraan universitas dan masyarakat. Itu unuk menghasilkan manfaat kepada kedua belah pihak. “Walaupun kerjasama telah berakhir, namun proyek akan diinstitusionalisasi ke Lembaga yang ada di UIN Alauddin Makassar,” ujarnya.

Acara tersebut juga turut dihadiri oleh Duta Besar Kanada untuk Indonesia Mr. Peter Mac Arthur, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Islam (Dirjen Pendis), Prof Dr Phil H Kamaruddin Amin MA, Direktur Pendis, Project Implementation Unit (PIU), PO serta beberapa Rektor dan ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

SILE merupakan program kerja sama antara Pemerintah Indonesia dengan Canada dengan titik tekan program pada penguatan kapasitas leadership di lingkungan Pendidikan Tinggi Islam.

Proyek kerja sama tersebut telah berlangsung sejak 2011 hingga 2017 dengan dukungan finansial dan bantuan teknis dari pemerintah Canada, yakni Global Affairs Canada (GAC). (mg05/mah)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!