Pelaksanaan UNBK Masih Banyak Kendala – UPEKS
EDUKASI BUDAYA

Pelaksanaan UNBK Masih Banyak Kendala

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) diakui Dinas Pendidikan Kota Makassar masih memiliki banyak kendala, khususnya di tingkat sekolah menengah pertama (SMP).

Meski demikian, Dinas Pendidikan optimis pelaksanaan UNBK tahun 2017 khususnya pada jenjang SMP yang menjadi wewenang kabupaten/kota berlangsung lancar.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Ismunandar mengatakan pelaksanaan UNBK pada tahun 2017 tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan UNBK pada tahun 2016. Adapun beberapa sekolah yang belum bisa menyelenggarakan UNBK disebabkan fasilitasnya belum memadai.

Maka untuk mengantisipasi hal tersebut, Dinas Pendidikan Kota Makassar bekerjasama dengan pihak Sekolah Menengah Atas (SMA) yang memiliki fasiltas komputer agar dapat digunakan dalam pelaksanaan UNBK pada tingkat SMP.

“Jadwal pelaksanaan UNBK pada tingkat SMA/SMK berbeda dengan pelaksanaan UNBK pada tingkat SMP. Untuk itu sekolah SMA/SMK yang memiliki fasilitas komputer dapat digunakan pada pelaksanaan UNBK pada tingkat SMP,” tutur Ismunandar, kemarin.

Lanjut Ismunandar, sejauh ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel terkait dengan fasilitas komputer pada sekolah tingkat SMA/SMK yang nantinya akan digunakan UNBK tingkat SMP.

“Dinas Pendidikan Sulsel siap memfasilitasi pelaksanaan UNBK pada tingkat SMP. Selain itu kita dapat menggunakan laptop milik siswa,” terang Ismunandar.

Sekadar diketahui untuk tahun 2017 ini dimulai bulan Maret mendatang khusus di kota Makassar jumlah siswa SMP yang ikut UN sebanyak 25 ribu lebih. Dengan estimasi SMPN sebanyak 44 sekolah, dan SMP swasta sebanyak 90 sekolah.

Ismunandar berharap kepada pemerintah agar sekolah tingkat SMP yang belum menyelenggarakan UNBK agar bisa ikut pada tahun mendatang. Misalnya dengan memberikan fasilitas berupa komputer yang merupakan alat penunjang dalam pelaksanaan UNBK.

“Karena UNBK salah satu wadah meminimalisir terjadinya kecurangan dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN),”pungkasnya. (mg05/mah)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!