AKSI KORPORASI

Kunjungan Wisman ke Sulsel Turun

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Badan Pusat Statistik (BPS) merilis objek wisata di Sulawesi Selatan masih kurang diminati oleh sejumlah wisatawan mancanegara (Wisman). Hal itu terlihat dari data BPS Sulsel yang mencatat kunjungan Wisman ke Sulsel tiap bulannya hanya berkisar kurang lebih dua ribu orang.

Dari data BPS Sulsel jumlah wisman yang berkunjung melalui pintu masuk Makassar pada Desember 2016 turun sebesar 14,15% dibandingkan jumlah wisman yang berkunjung pada November 2016.Tercatat, jumlah Wisman pada bulan November 2016 adalah sebanyak 2.261 kunjungan sedangkan pada Desember 2016 sebanyak 1.941 kunjungan.

“Lima negara yang berkontribusi atau yang sering berkunjung ke Sulsel yakni, Malaysia, Singapura, Mesir, Filipina, dan India,” kata Nursam Salam, Kepala BPS Sulsel, saat pemaparan di depan awak media, Kamis (16/2/17).

Jumlah wisman dari lima negara tersebut berjumlah 1.348 kunjungan atau sekitar 69,44 persen dari total wisman yang masuk melalui pintu masuk Makassar.

Sementara itu, Ketua DPD ASITA Sulsel, Didi L Manaba, menyebut, jumlah ini tidak dikategorikan turun, sebab BPS mencatat setiap bulan.

“Sebenarnya ini tidak dikategorikan turun, karena mereka mencatat perbulannya, sementara kita mencegat per tiga bulan,” kata Didi, yang dihubungi melalui sosial medianya (sosmed), Jumat (17/2/1).

Dia menyebut, justru pada bulan itu kunjungan wisatawan ke Makassar mengalami peningkatan, itu tidak terlepas semua daerah sudah mulai menjual destinasi yang dimiliki, belum lagi kendala yang dialami sekarang ini, pemerintah mulai membenahi infrastruktur demi menggenjot peningkatan kunjungan.

“Pada tahun 2017 ini kita tetap optimis kunjungan akan meningkat, kerena berbagai destinasi sudah mulai dijual di tiap daerah,” katanya. (edo/suk)

Most Popular

To Top