EDUKASI BUDAYA

Ratusan Pelajar Ikut Kompetensi Kejujuran

MAKASSAR, UPEKS.co.id  — Sebanyak 315 pelajar SMK Telkom Makassar dari semua jurusan mengikuti Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) selama lima hari.

Adapun unit kompetensi dan materi ujian atau tugas paket disesuaikan dengan jurusan masing-masing. Untuk jurusan usaha perjalanan wisata yakni tour guiding, ticketing, dan tour costing.

Jurusan Akomodasi Perhotelan, Housekeeping terdiri dari publik area, menyiapkan kamar untuk tamu, menyediakan layanan housekeeping untuk tamu dan front office terdiri dari reception, berkomunikasi lewat telepon, dan reservasi.

Muhammad Saad, S.Pd, M.Pd, Wakil Kepala Sekolah Bagian Kurikulum SMK Telkom, mengatakan untuk jurusan Teknik Transmisi dan Telekomunikasi, tugas paketnya adalah instalasi antena VSAT dan menyambung serat optik dengan fusion splicer.

Sedangkan tugas paket siswa jurusan Teknik Komputer dan Jaringan antara lain merancang bangun dan mengkonfigurasi Wifi router sebagai gateway internet, webproxy, DHCP server, hotspot, bandwidth limiter dan firewall.

“Para penguji dalam UKK ini adalah guru-guru produktif yang kompeten dan profesional di bidangnya juga melibatkan penguji dari kalangan DU/DI (Dunia Usaha dan Dunia Industri) antara lain dari pihak DPD ASITA Sul Sel, DPD PHRI Sul Sel, PT. Telkom Akses Makassar, PT. Telkom Divre VII,” tukasnya.

Muhammad Saad menuturkan UKK ini adalah akhir dari praktik-praktik yang dilaksanakan selama proses belajar mengajar berlangsung. Di mana praktik-praktik itu dilaksanakan setiap hari selama kurang lebih enam semester sebelumnya.

“Kumpulan dari praktikum yang diajarkan di sekolah, pada UKK kali ini yang diujikan, terutama oleh pihak industri untuk memastikan apakah para lulusan dapat memenuhi kualitas yang dipersyaratkan,” tutupnya. (mg05/mah)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!