Komisi Perlindungan Pekerja Angkat Derajat PRT – Upeks.co.id
MAKASSAR CITY

Komisi Perlindungan Pekerja Angkat Derajat PRT

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Komisi Aksi Perlindungan Pekerja Rumah Tangga Dan Buruh Migran (KAPRTBM) sedang berupaya mengangkat derajat Pekerja Rumah Tangga (PRT). Upaya tersebut dimulai dengan mengajak masyarakat tidak memanggil PRT dengan kata pembantu atau babu.

KAPRTBM yang beranggotakan tiga konferedasi di Indonesia akan bekerja maksimal menyosialisasikan istilah Pekerja Rumah Tangga (PRT) ini. Organisasi ini menganggap, penghargaan terhadap profesi PRT harus dimulai dengan memanggilnya dengan lebih santu. Yakni sebutan pekerja.

Ketua Konferedasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Sulsel, Iskandar mengatakan, derajat PRT harus diangkat dengan menghargai profesinya. Namun, jika dari sisi nama saja, cenderung termarginalkan, maka sulit untuk membangun kepercayaan dirinya. Sekaligus memperjuangkan hak-haknya. Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) juga Pekerja Rumah Tangga,” ungkapnya.

Selain itu, Iskandar menjelaskan sebagai pekerja, ada hak-hak dan perlindungan hukum yg harus dia terima PRT. Tetapi kenyataan sampai saat ini, masih sangat jauh dari perlindungan hukum.

Sementara itu, Komisi Aksi Pekerja Rumah Tangga Dan Buruh Migran mengharapkan pemerintah dan DPR segera mensahkan UU perlindungan PRT.”Tidak akan kuat jika tidak ada undang-undangnya. Draft nya sudah lama di DPR,” ujar Ketua KPSI, Safaruddin Boy. (met/ris)

BERITA POPULER

To Top