Perlu Deteksi Dini Nyeri Punggung – UPEKS
MAKASSAR CITY

Perlu Deteksi Dini Nyeri Punggung

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Sebagian orang sering kali menganggap sepele nyeri punggung. Padahal, kelainan yang kadang dinilai sekedar faktor lelah ini, justru perlu deteksi dini.

Faktor makanan adalah salah satu penyebab berbagai macam masalah kesehatan. Nyeri punggung bisa jadi adalah respons tubuh pada zat yang masuk dan dialirkan melalui pembuluh darah.

Dosen Fakultas Kedokteran dari National University of Singapore, Dr. Tony Setiobudi, menuturkan kebanyakan masyarakat menunda-nunda memeriksakan kesehatannya dengan alasan hanya gejala umum. Padahal, bisa jadi gejala biasa yang muncul adalah pertanda buruk. Memeriksakan kesehatan dinilai jauh lebih baik.

Salah satunya, kata Tony, nyeri punggung. Menurutnya, nyeri punggung menjadi gejala awal yang sering kali diabaikan.Padahal, nyeri punggung bisa jadi dejala awal kelebihan berat badan, kebanyakan duduk, terlebih saat perut kenyang. Ini harus didiagnosis segera,” ujar dokter spesialis bedah tulang belakang ini.

Sebagai langkah pencegahan, bagi orang yang posisi duduk cenderung membungkuk dan mengangkat beban berat, maka sebaiknya merileksasikan badan per 20-25 menit sekali.

Selain itu, kata Tony, gejala penyakit jantung juga sering diabaikan. Padahal, hanya dua alasan seseorang meninggal tiba-tiba. “Serangan jantung dan stroke,” ucapnya.

Dokter Spesialis Jantung Parkway Hospital Singapura, Dr. Nikolas Wahanita, mengungkapkan faktor utama memicu jantung adalah lemak yang bertumpuk. Akibatnya, jantung sulit memompa darah. (met/ris)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!