EDUKASI BUDAYA

Perlunya Penerapan Kurikulum Tersembunyi

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Sulsel, Prof. Dr. Arismunandar, M. Pd, menilai selama ini, sekolah hanya menerapkan kurikulum yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Namun pada dasarnya ada kurikulum yang perlu diketahui dan harus diterapkan karena sangat berpengaruh terhadap peserta didik.

Mantan Rektor UNM ini menjelaskan, kurikulum ini merupakan suatu bentuk kurikulum yang tak tertulis dan tidak dikeluarkan oleh pemerintah. Kurikulum ini biasa disebut kurikulum tersembunyi.

“Kebersihan lingkungan, cara berpakaian para guru, cara guru bertutur kata kepada siswa merupakan bentuk kurikulum yang biasa kita sebut kurikulum tersembunyi,” tukas Arismunandar setelah membawakan materi pada pelatihan dan pendidikan kepala sekolah dan calon kepala sekolah Muhammadiyah se Sulawesi Selatan di Gedung LPMP UNM, Jalan AP Pettarani, pekan lalu.

“Jadi apa yang dikerjakan seorang guru itu merupakan salah satu bentuk kurikulum, yang kita sebut kurikulum tersembunyi. Karena setiap tindakan seorang pengajar dapat ditiru oleh peserta didiknya,” sambung Arismunandar.

Arismunandar menambahkan, salah satu keuntungan penerapan kurikulum tersembunyi ini adalah mampu memberikan stimulus atau dorongan secara tidak langsung kepada peserta tentang kelakuan yang mereka lakukan setiap hari.

“Jadi guru dalam memberikan suatu dorongan dan pembelajaran tidak hanya dalam bentuk tertulis dan pembelajaran di dalam kelas. Banyak hal yang perlu diberikan, yakni dengan memperbaiki segala tingkah laku dan menjadi teladan bagi peserta didikaya sebagai seorang guru,” tutupnya. (mg05/mah)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!