Bertekad Jadikan Majene Kota Pendidikan – Upeks.co.id
TAMU EKSPRES

Bertekad Jadikan Majene Kota Pendidikan

Drs H Muhammad Ashar MSi, Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Majene

Menciptakan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang berdaya saing dan unggul dalam menghadapi persaingan pasar bebas merupakan fokus utama yang dilakukan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Kadisdikpora) Majene, Drs H Muhammad Ashar MSi.

Sesuai motto Ayo Mendidik, Bersama Kita Wujudkan Kabupaten Majene Sebagai Kota Pendidikan, maka Mewujudkan hal itu, terus melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki mutu pendidikan di Kabupaten Majene. Salah satu hal yang tidak luput dari perhatiannya adalah penataan dan pemerataan guru yang menjadi program Dinas Pendidikan, yakni terkait kekurangan guru, sarana dan prasarana. Disiplin pegawai juga tidak kalah pentingnya.

“Sejak saya penjabat Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, sudah delapan kecamatan yang saya kunjungi, termasuk melakukan kunjungan ke sejumlah sekolah di Majene. yang tidak kalah pentingnya yang menjadi penekanan ialah disiplin, sampai hari ini sudah ada tujuh tenaga pendidikan yang diberikan sanksi penurunan pangkat, akibat tidak disiplin, dan ini menjadi perhatian bagi semua tenaga pendidik, termasuk staf,” terang Ashar sapaan akrab Kadisdikpora Majene ini.

Pamong kelahiran Majene, 30 Oktober 1963 itu mengklaim telah melakukan reformasi di tubuh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Majene yang dipimpinnya yakni dengan menitikberatkan pada program kedisiplinan bagi tenaga pengajar.
Ashar juga mengungkapkan, pihaknya sejak menjabat sebagai Kadisdikpora telah melakukan pembaharuan, demi sebuah reformasi dengan tekad memiliki spirit dan ruh yang baru.

“Intinya kita akan prioritaskan betul kepada guru, karena guru itu jantung pendidikan dan ruh untuk melakukan perubahan itu ada padanya sehingga harapan kami seluruh guru di jajaran Disdikpora kompetensi kerjanya meningkat di sekolahnya. Sebab jika guru profesional dan kompetensinya bagus, maka outputnya juga akan bagus, sebaliknya jika kompetensi guru masih jauh dari standar maka hasilnya tentu juga kurang baik bagi dunia pendidikan,” tegas Ashar.

Untuk menciptakan peserta didik yang berkualitas, guru harus menguasai 4 kompetensi. Keempat kompetensi yang harus dikuasai guru untuk meningkatkan kualitasnya tersebut adalah kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian. Guru harus sungguh-sungguh dan baik dalam menguasai 4 kompetensi tersebut agar tujuan pendidikan bisa tercapai.

“Menurut Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 ada empat yang harus dimiliki seorang tenaga pendidik, yaitu, Kompetensi Pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional, ini sejalan dengan visi misi bapak Bupati Majene, yakni Majene Produktif, Proaktif dan Profesional (MP3),” pungkasnya. (Ali/hms)

Pertajam Mutu Pendidikan Lewat Pemerataan Guru

Penataan dan pemarataan guru di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Majene harus dilakukan. Tujuannya agar kekurangan guru bisa terpenuhi dan meningkatnya kualitas pendidikan di berbagai sekolah secara merata.

Kadisdikpora Kabupaten Majene Muhammad Ashar menegaskan, dirinya akan segera melakukan pemerataan dan penataan guru di Kabupaten Majene ini dilakukan untuk mempertajam mutu pendidikan selain agar lebih optimal.

“Hanya saja perlu kehati-hatian dalam melakukan pemerataan guru. Jangan sampai penataan dan pemerataan guru malah membuat masalah dikalangan guru itu sendiri. Selain itu sebagai seorang guru harus memiliki kompetensi,” kata Ashar yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Majene.

Menurut Ashar, pemerataan dan penataan guru sangat mendesak harus dilakukan. Namun yang jadi persoalan masih harus dipertimbangkan aspek sosial, aspek psikologis dan demografis guru itu sendiri.

Jangan sampai pemerataan yang dilakukan Dinas Pendidikan malah dianggap sebagai hukuman, apalagi jika yang dipindahkan guru yang mengajar di sekolah bagus tiba-tiba dipindahkan ke sekolah yang biasa-biasa saja.

Padahal tegasnya, pemerataan dilakukan untuk menyamakan kualitas pendidikan di semua sekolah baik yang ada di dalam Kota Majene maupun yang ada di luar Kota Majene.

Dan kondisi ini tegas Ashar masih terus ditelaah dan dikaji oleh pihak Dinas agar pada pelaksanaannya pemerataan dan penataan guru
disadari oleh para guru itu sendiri sebagai bagian dari peningkatan kualitas dan mutu pendidikan di Kabupaten Majene. (Ali/hms)

Perjuangkan Pengangkatan Tenaga Honorer

Muhammad Ashar sangat prihatin dan berusaha memperjuangkan tenaga pendidik di Kabupaten Majene. Pasalnya hingga saat ini masih kekurangan guru status Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebanyak 400 orang, mulai dari jenjang guru SD, SMP dan SLTA.

“Kekurangan guru yang terbanyak di daerah pelosok, olehnya itu kami berharap agar Kemen PANRB dapat mengangkat tenaga guru honorer dari K2 di Majene,”kata Ashar

Lanjut Ashar menyebutkan, kalau Pemerintah Pusat melalui KemenPANRB mengangkat tenaga honorer K2, kekurangan guru di daerah pelosok bisa teratasi.

“Apalagi tahun sebelumnya banyak guru yang pensiun, dan yang paling banyak kekurangan guru pada jenjang sekolah dasar (SD), tenaga pendidik yang kurang mulai dari guru mata pelajaran, guru olahraga, dan beberapa guru mata pelajaran lainnya, termasuk guru Agama,” tandas Staf Ahli Bidang Pendidikan dan Sosial Setda Majene tahun 2013. (Ali/hms)

DATA DIRI:

Nama : Drs.H.Muhammad Ashar, M.Si
TTL : Majene, 30 Oktober 1963
Pangkat/Gol : Pembina Tk.I/ IV/c
Pendidikan Terakhir: S2
Alamat: Wolter Monginsidi No.18 Kelurahan Labuang
Istri : Hj.Asfitriwaty, SPd
Anak :
1. Nurul Wafiqah
2. Ainun Wafiyah
3. Ahmad Arif
4. Muhammad Affan

Riwayat Pendidikan:
– SD Neger 1 Majene (1975)
– SMP Neeri 2 Majene (1979)
– SMA Negeri 1 Majene (1982)
– S1 Unhas Fakultas Sospol (1988)
– S2 Jurusan Admin Pemerintahan (2003)

Riwayat Jabatan
1. Kasubag Diklat pada Bagian Kepegawaian BKD Majene (1994)
2. Kasubag Umum dan Perlengkapan Setwilda Majene (1998)
3. Kabag Umum dan Perlengkapan Setwilda Majene (2001)
4. Kabag Keuangan Setda Majene (2003)
5. Kabid Pelaporan Dipenda Majene (2005)
6. Camat Bangge (2009)
7. Kabag Keuangan Setda Majene (2011)
8. Staf Ahli Bidang Pendidikan dan Sosial Setda Majene (2013)
9. Kadis Pertambangan dan Energi Majene (2013)
10. Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga Majene

Riwayat Kursus/ Latihan
– Latihan Analisa Kebutuhan Diklat di Jakarta (1988)
– Latihan MOT di Ujungpandang (1988)
– Latihan Analisa Jabatan di Majene (1996)
– Latihan TOC di Ujung Pandang (1996)
– Latihan ADUMLA di Ujung Pandang (1999)
– Latihan TOT Umum di Ujung Pandang (1997)
– Diklat Metode Penelitian dan Pengambilan Keputusan di Jakarta (1999)
– Diklat SPAMA di Ujungpandang (2000)
– Diklat Sertifikasi Jabatan Fungsional Peneliti di Jakarta (2001)
– Diklat Manajemen Pengadaan Barang dan Jasa di Jakarta (2002)
– Diklat Pembekalan Teknis Pengelolaan Barang dan Daerah di
Bogor (2005)
– Diklat Manajemen Keuangan Daerah Angkatan II di Jakarta (2005)
– Diklat Kepamongprajaan bagi Camat di Jakarta (2009)

Kunjungan Dinas ke Luar Negeri
– Thailand (2 hari)
– Malaysia (2 hari)
– Singapura (2 hari)

Riwayat Organisasi :
1. Pengurus HMI Cabang, Unhas
2. IPPMIM-Majene
3. HIMAPEM-Unhas
4. Ketua Anak Cabang Pemuda Pancasila Majene
5. Anggota Kosgoro Bidang SDM Majene

BERITA POPULER

To Top