Awali Karier Sebagai Staf di Takalar – Upeks.co.id
TAMU EKSPRES

Awali Karier Sebagai Staf di Takalar

Muh. Aril Syahbani K, S.IP, Lurah Sawerigading

Mendapatkan amanah sebagai Lurah Sawerigading merupakan sebuah tanggungjawab yang besar bagi Muh. Aril Syahbani K, S.IP. Pasalnya, butuh kerja keras dan keseriusan dalam melayani masyarakat.

Sebelum menjadi lurah, Pria kelahiran Ujung Pandang, 15 April 1988 mengawali kariernya di Kabupaten Takalar. Semenjak lulus dari Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN), Muh. Aril mendapat tugas sebagai staf di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Takalar. Dari sana dia lalu dipindahkan sebagai staf di Kelurahan Palleko Kabupaten Polongbangkeng Utara. Di akhir tahun 2010, kemudian mengajukan pindah ke Makassar karena faktor jarak yang jauh.

“Rumah ada di Makassar sementara saya berkantor di Takalar, sehingga mau tidak mau saya harus bolak-balik Makassar – Takalar.
Faktor jarak inilah yang menjadi pertimbangan saya untuk pindah ke Makassar,” terangnya.

Setelah usulannya diterima dia pun di mutasi ke Kota Makassar. Di Makassar, Ketua IKA SMA 3 (Smaga) Angkatan 2006 ini ditunjuk sebagai staf di Kecamatan Tamalanrea. Kemudian mendapat promosi jabatan sebagai Kepala Seksi (Kasi) Pemerintahan dan ditempatkan di Kelurahan Suangga, Kecamatan Tallo.

Menurutnya, berkat kinerjanya yang sangat baik, tepatnya pada tahun 2016 dia mendapat kepercayaan untuk memimpin Kel. Sawerigading hingga sekarang.

Untuk mendukung serta mensukseskan program-program Pemkot Makassar utamanya Badan Urusan Lorong (Bulo), terkadang dia harus turun langsung menemui warga dan memberi pemahaman akan manfaat menanam bibit cabai.

“Saya biasanya memberi pemahaman kepada masyarakat khususnya warga yang berdomisili di dalam lorong, bahwa penanaman pohon cabai ini sangat bermanfaat. Hasilnya dapat meningkatkan taraf perekonomian mereka sendiri,” tandasnya. (her/hms)

Terapkan Aturan Sesuai Mekanisme

Selaku pimpinan di wilayah kelurahan yang menjadi garda terdepan pemerintah, seorang lurah dituntut untuk senantiasa memberi pelayanan yang prima. Demi kepentingan masyarakat dan mampu menyikapi setiap persoalan yang timbul di tengah masyarakat dengan cara-cara bijak.

Yang tak kalah penting, lurah juga harus mampu mengaplikasikan sepenuhnya program-program yang digaungkan oleh pemerintah karena hal ini juga menyangkut kepentingan masyarakat.

Meski baru tahun lalu diberi amanah sebagai Lurah Sawerigading, Muh. Aril Syahbani K, S.IP mampu mengejahwantahkan setiap tugas yang diberikan dan menerapkan sesuai mekanisme yang berlaku.

“Saya memberi arahan kepada semua staf di Kelurahan Sawerigading ini, dalam memberi pelayanan kepada masyarakat harus semaksimal mungkin dan mengikuti mekanisme dan aturan yang ada. Hal ini saya lakukan untuk mengatasi segala bentuk pungli yang kerap membebani masyarakat,” kata suami dari Rini Puspita ini. (her/hms)

Dukungan Keluarga Jadi Kekuatan

Di tengah rutinitas pekerjaan yang begitu padat, ayah dari Nafiza Aurazivanka dan Muh. Nizam Alghifari ini tetap meluangkan waktu untuk keluarga tercintanya.

“Intinya, nanti setelah semua pekerjaan rampung baru saya kembali ke rumah. Kecuali jika ada anggota keluarga yang sakit barulah semua tugas saya serahkan ke Sekretaris Kelurahan,” ujarnya.

Lurah Sawerigading ini sangat bersyukur karena istri dan anak-anaknya sangat memahami tugas. Dukungan keluarga menjadi kekuatan dalam bertugas. Meski sibuk, komunikasi tetap terjalin melalui handphone.

Untuk menjaga stamina dan kebugaran tubuh, saat libur di akhir pekan kerap berolahraga ringan dan mengisi waktu dengan membaca.

“Yah, sekedar untuk melemaskan otot-otot agar tidak kaku setelah beraktivitas. Saya juga gemar membaca untuk terus mengupdate informasi terbaru,” terang Lurah yang gemar berorganisasi ini. (her/hms)

DATA DIRI:

Nama : Muh. Aril Syahbani K, S.IP
TTL : Ujung Pandang, 15 April 1988
Hobi : Olahraga dan Membaca
Istri : Rini Puspita J
Anak :
1. Nafiza Aurazivanka
2. Muh. Nizam Alghifari
Karier Jabatan:
– Staf BKD Kab. Takalar
– Staf Kel. Palleko Kec. Polongbangkeng Utara, Kab. Takalar (2009 – 2010)
– Staf Kec. Tamalanrea (2010 – 2011)
– Kasi Pemerintahan Kel. Suangga, Kec. Tallo
– Lurah Sawerigading (2016-sekarang)
Organisasi:
– Gita Abdi Praja
– Ketua IKA SMA 3 (Smaga) Angkatan 2006

BERITA POPULER

To Top