SPORT UTAMA

Kemampuan Atlet Taekwondo Harus Ditingkatkan

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Setiap daerah atau kampus bisa melibatkan atlet terbaiknya dalam pelaksanaan kejuaraan nasional. Selain itu, daerah fokus meningkatkan kemampuan atlet terbaiknya demi menjaga peluang meraih medali di sejumlah ajang kedepan.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PB TI), Nur Fajari usai membuka secara resmi pelaksanaan Musyawarah provinsi VII Taekwondo Sulsel, di Hotel Grand Asia Makassar, Sabtu (4/3/2017).

Disebutkan pada Agustus 2017 mendatang akan diselenggarakan Kejuaran Nasional Taekondow Antar Mahasiswa, dengan DKI Jakarta menjadi tuan rumah penyelenggara. “Kejurnas ini rencananya diikuti ratusan peserta dari puluhan perguruan tinggi yang tersebar di Indonesia dan kegiatan ini bisa lebih ketat dari pelaksanaan sebelumnya di Nusa Tenggara Barat (NTB),” katanya.

Ia berharap, para atlet selanjutnya akan saling bersaing menjadi yang terbaik pada dua kategori yang diperlombakan seperti Kyorugi atau pertarungan dan Poomsae atau keindahan jurus.

Selain agenda kejurnas antarmahasiswa, pihaknya juga merencanakan melaksanakan berbagai kegiatan pelatihan pelatih dan wasit yang dilakukan sepanjang 2017.

“Untuk kegiatan awal sudah dilaksanakan di tiga daerah seperti Aceh, Batam dan Sumatera Utara. Untuk selanjutnya akan dilaksanakan diberbagai daerah agar lebih memaksimalkan kemampuan pelatih dan wasit diberbagai daerah di Indonesia,” ucapnya.

Ia menjelaskan, pada kegiatan ini sengaja melibatkan para pelatih nasional untuk memberikan pelatihan khususnya terkait perkembangan cabang olahraga tersebut.

“Akan banyak kegiatan diklat dan kepelatihan untuk lebih meningkatkan kemampuan pelatih dan wasit juri. Untuk agenda selanjutnya tentu saja persiapan kita menghadapi dua ajang bergengsi yakni SEA Games dan Asian Games,” sebutnya.

Sementara itu Wakil ketua pengurus Taekwondo, Andi Marzuki Wadeng, menyatakan, memiliki banyak atlet dari kalangan mahasiswa yang punya kemampuan sehingga tidak ragu untuk bisa ambil bagian.

“Kita memberikan apresiasi tinggi terhadap bebebarapa kampus melalui UKM yang rutin melaksanakan kejuaraan nasional ataupun se-KTI seperti Politeknik Negeri Ujung Pandang, UIN Alauddin Makassar, STIMIK Dipanegara dan sebagainya. Melalui kejuaraan antarpelajar dan mahasiswa itu, maka tentu menjadi wadah bagi para atlet untuk bisa memperlihatkan perkembangan dalam latihannya selama ini,” katanya. (edo/jar).

Most Popular

To Top