EDUKASI BUDAYA

 SMK SMAK Tuan Rumah USC 2017  

PANGKALAN gugus depan (gudep) 07.009-07.010 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) SMAK Makassar menggelar ajang Uranium Scot Competition (USC) 2017. Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Makassar Ibrahim Saleh membuka kegiatan ini. Ketua Panitia acara USC  Drs.Abd Rauf. MM, mengatakan ajang yang digelar bertujuan untuk melaksanakan program kerja gudep 07.009-07.010 untuk tahun 2016/2017.

“Ajang ini merupakan  wadah untuk  menyalurkan bakat aspirasi dan kreatifitas para Pramuka penggalang, dalam bidang tehnik dan non tehnik  kepramukaan, memperat tali persaudaraan antar pramuka serta memperkenalkan SMK SMAK Makassar kepada para peserta penggalang,”ungkapnya.

Adapun Ketua Kwarcab kota Makassar, Ibrahim Saleh menekankan pentingnya organisasi kepramukaan bagi siswa siswi di segala jenjang strata pendidikan. Karena dalam kepramukaan mendidik setiap anggotanya untuk membentuk karakter, keterampilan serta berpikir cerdas sehingga mampu mengikuti perkembangan jaman, khususnya informasi di era global yang kian pesat perkembangannya.

“Di era globalisasi sekarang, pertumbuhan informasi khususnya di dunia maya makin tidak terbendung, sehingga perlu adanya pola pikir yang cerdas untuk mengantisipasi informasi yang tidak benar informasinya atau hoaxnya,” jelasnya. Menurut dia, dalam kegiatan pramuka akan menjadi penyeimbang untuk menelah informasi di dunia maya. Apalagi di jejaring sosial yang acap kali menjurus kepada hal-hal kriminalitas.

“Pramuka mengajarkan kegiatan kreatif memberikan inovasi, peluang, dan ke gotong royongan serta kemampuan untuk mengenal karakter orang lain, sehingga akan dengan mudah menelah dan mencerna suatu pokok masalah  yang tidak jelas tujuannya,” terangnya. USC diikuti 13 pangkalan gerakan pramuka penggalang tingkat SMP sederajat Se-kota Makassar. Masing-masing pangkalan mengirimkan delapan anggota pramuka pengalangnya.(and/mah)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!