EDUKASI BUDAYA

Mahasiswa Harus Bernalar Secara Ilmiah

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar pelatihan metodologi penelitian orientasi manajemen keorganisasian. Hadir Prof. Dr. rer.nat Muharram, M. Si, selaku Pembantu Rektor I UNM.

Ketua Umum LPM Penalaran UNM, Muhammad Alimka mengatakan lembaga penelitian mahasiswa Universitas Negeri Makassar merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang mewadahi minat mahasiswa dalam bidang penelitian dan keorganisasian.

Tahun ini, sebut Muhammad Alimka, UKM LPM Penalaran UNM telah membuka perekrutan anggota baru yang ke 20 dengan jumlah pendaftar 600 mahasiswa dari berbagai latar program studi berbeda. Setelah melalui beberapa tahap panitia LPM Penalaran UNM berhasil merekrut anggota sebanyak 400.

“Sebanyak 400 peserta yang dinyatakan bergabung menjadi anggota di LPM Penalaran UNM yang kemudian akan mengikuti pelatihan penulisan karya tulis ilmiah. Setelah itu kami akan terjunkan mereka kelapangan untuk melakukan penelitian secara langsung,” jelasnya.

Muhammad Alimka menambahkan, suatu kesyukuran bagi LPM Penalaran UNM sejak didirikannya pada tahun 1998 sampai saat ini banyak menorehkan prestasi. Harapannya semoga dengan anggota baru LPM Penalaran UNM terus berbenah dan mampu meningkatkan prestasi-prestasi mendatang.

“Prestasi yang telah ditorehkan LPM Penalaran UNM, merupakan hasil dari kerja keras sesuai dengan visi LPM Penalaran UNM. Yakni mewujudkan LPM Penalaran UNM sebagai pusat pengkajian Ilmu pengetahuan dan teknologi serta wadah pengembangan intelektual cendikiawanan di kalangan mahasiswa,” tandasnya.

Sementara itu, Prof. Dr. rer.nat Muharram, M. Si mengatakan penalaran itu merupakan bagaimana seseorang bisa berpikir, menelaah, dan meneliti. Karena ciri khas dari seorang mahasiswa terdapat pada bagaimana dia berpikir, serta bernalar.
“LPM Penalaran UNM wadah untuk bernalar dan memecahkan masalah-masalah yang terjadi di masyarakat, dan wadah melahirkan serta menuangkan ide-ide kreatif, inovatif secara ilmiah,” tutupnya. (mg05/mah)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!