EDUKASI BUDAYA

Kepsek se Sulsel Siap-siap Dimutasi

MAKASSAR Upeks.co.id — Terkait adanya beberapa kepala sekolah yang ditemukan melakukan pungutan liar (pungli), Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel memastikan akan merombak atau memutasi seluruh kepala sekolah di 24 kabupaten/kota.

“Yang jelas yang paling pertama diganti setelah Ujian Nasional (UN) yaitu kepala sekolah yang statusnya Plt dan diganti kepala sekolah yang definitif,” ujar Kepala Disdik Sulsel Irman Yasin Limpo, Senin (7/3).

Sementara syarat kepala sekolah yang akan dimutasi nanti tergantung dari arahan gubernur. “Tapi menurut dari Disdik menjadi kepala sekolah itu harus ada syaratnya, yakni seorang kepala sekolah harus memenuhi kualifikasi secara administratif. Artinya semua standar syarat harus dipenuhi,” tuturnya.

Irman menambahkan terpenting agar sekolah yang dipimpin dianggap berstandar yakni, kepala sekolahnya harus memiliki lisensi melalui diklat calon kepala sekolah.

“Karena kalau kepala sekolah yang tidak pernah mengikuti diklat calon kepala sekolah, otomatis dia tidak akan tau dan memahami secara prosedural bagaimana alur memimpin sekolah. Kalaupun dia tau secara otodidak tapi dia tidak punya lisensi, nah kepala sekolah wajib memiliki lisensi,” tegasnya.

Irman menegaskan, ketika nantinya dalam proses mutasi ada kepala sekolah tidak memiliki lisensi dan ada guru yang sudah mengikuti diklat, bisa saja guru tersebut menggantikan.

“Makanya usulan kami ke pemprov, penguatan manajerial itu ada pada tata usaha. Kami meminta agar tata usaha itu diberikan jabatan kasubag,” tuturnya.

Irman menjelaskan tugas kepala sekolah sebenarnya yaitu bagaimana menciptakan proses belajar mengajar dan isi atau konten belajar itu sesuai standar dan kebutuhan. (mg05/mah)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!