EDUKASI BUDAYA

Puluhan MIN-MTsN Berubah Nama

Penamaan Sekolah di Ijazah Berganti

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Perubahan besar-besar-besaran terkait nomenklatur atau penamaan Madrasah di bawah naungan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Agama (Kemenag) Sulsel dimulai tahun 2017 ini.

Hal tersebut sesuai dengan Surat Keterangan (SK) Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 368 Tahun 2015 tentang perubahan nama Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Tsanawiyah serta Madrasah Aliyah Negeri di Provinsi Sulawesi Selatan.

“Sesuai SK kami terima perubahan nama untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MIN) sebanyak 54, dan Madrasah Negeri Tsanawiyah (MTsN) sebanyak 43,” sebut Kepala Seksi Kelembagaan Kemenag Sulsel, Mulyadi saat ditemui di ruang kerjanya di Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulsel, Jalan Nuri, kemarin.

Mulyadi mengatakan perubahan ini berlaku pada seluruh madrasah. Tujuannya untuk mempermudah mengidentifikasi nama sekolah yang ada di setiap kabupaten atau kota.

“Perubahan ini tujuan utamanya tidak lain mempermudah memgidentifikasi nama-nama sekolah, dan perubahan kami sudah laporkan Diknas,” tandasnya.

Kemudian Mulyadi menambahkan, perubahan ini berlaku secara nasional seluruh madrasah di bawah naungan Kementrian Agama RI (Kemenag). Kemudian penamaan sekolah di ijazah otomatis akan berubah. Pihaknya pun sudah koordinasi dengan Dinas Pendidikan.

“Perubahan nama tersebut maka dalam hal jumlah madrasah negeri yang lebih dari satu madrasah maka nama madrasah ditulis dengan menambahkan nomor urut pendirian. Kemudian diikuti dengan nama kabupaten/kota. Selain itu nama sekolah yang tertera di ijazah otomatis akan berubah,” tukasnya.

Dia menambahkan perubahan nama madrasah tidak ada permasalahan. Karena, menurut dia, perubahan ini tidak lain karena adanya aturan dari Kementerian Agama RI. (mg05/mah)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!