SULSEL MEMBANGUN

Satgas Saber Pungli OTT Kepsek SDN 98 Bontomanai

 

BULUKUMBA, UPEKS.co.id – Tim Sapu Bersih (Saber) Pungli Bulukumba melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Kepala Sekolah SDN 98 Bontomanai, St Nursyiah (53), Kamis (9/3/17).

Yang bersangkutan diduga kuat melakukan pungli bersama Bendahara Gratis SDN 98 Bontomanai, Fatimah (35). Keduanya terjaring OTT di sekolahnya pada pukul 14.15 Wita.

Saat diintrogasi Satgas Saber Pungli, terungkap kedua pelaku membenarkan bahwa yang bersangkutan benar menerima pemberian uang dari orang tua siswa pada saat menerima dana Bantuan Siswa Miskin (BSM).

Besaran pungutan yang mereka terima bervariasi, mulai Rp25 ribu, Rp50 ribu dan Rp100 ribu.

Untuk melakukan aksinya pelaku menyampaikan kepada orang tua murid bahwa ada biaya foto copy yang dibebankan kepada setiap murid yang menerima BSM.

Hanya saja oknum Kepsek tersebut enggan menyampaikan nominal biaya foto copy yang dimaksud, dan hanya mengatakan bahwa kita memberikan saja seikhlanya.

“Setelah kita introgasi, kedua terlapor mengetahui kalau pemberian uang yang dilakukan orang tua siswa tidak dibenarkan, alasannya karena tidak diatur dalam juknis BSM,” kata Kompol Agus Khaerul, Ketua Satgas Saber Pungli Bulukumba kepada Upeks kemarin.

Di tangan kedua terlapor ditemukan uang dari orang tua penerima sebesar Rp610.000, terlapor mengakui bahwa penerimaan dana BSM Tahun 2016 kedua terlapor melakukan juga pungutan kepada orang tua siswa penerima dana BSM.

“Kami akan melakukan pemeriksaan terhadap 30 orang tua siswa penerima dana BSM, selanjutnya kiat akan lakukan gelar setelah saksi semua diperiksa,” terangnya.

Sebelumnya, Wabup Bulukumba Tomy Satria mewanti-wanti dan memberikan peringatan, khususnya kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkab Bulukumba untuk tidak coba-coba melakukan praktek pungli.

Sebab jika hal itu masih terus dilakukan, maka pihaknya akan memberikan sanksi tegas, terlebih lagi jika terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Satgas Saber Pungli. (sufri).

Most Popular

To Top